Membahas tentangDoa ketika Terserang Demam Tinggi

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDoa ketika Terserang Demam Tinggi,

Oase.id- Selain korona, kasus meningkatnya penderita demam berdarah dengue (DBD) juga patut mendapatkan perhatian. Setelah 1.190 orang di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan terserang DBD, penyakit demam akut itu juga tedeteksi mulai merambah ke DKI Jakarta dan beberapa wilayah lainnya.

Untuk itu, telah selayaknya kita mulai memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dgn membuang sampah pada tempatnya, mengubur barang bekas yg berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk, serta senantiasa berdoa supaya mendapatkan perlindungan dari Allah Swt supaya terhindar dari segala penyakit. 

Nabi Muhammad Saw kerap mengajari para sahabatnya tentang berbagai macam doa. Suatu ketika, Rasulullah mengimbau umat Islam supaya membaca doa ini ketika sedang merasakan demam yg cukup tinggi, atau menderita sakit dan luka lainnya;

 

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

 

Bismillahil kabiri, a'udzu billahil ‘azhimi min syarri kulli ‘irqin na‘arin wa min syarri harrin nari.

“Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari luka yg mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka.”

Baca: 5 Orang yg Doanya Mustajab

 

Doa tersebut berdasarkan hadis yg diceritakan Ibnu Abbas Ra, dia berkata;

“Rasulullah mengajari mereka (sahabat) terkait penyembuhan segala penyakit, dari demam dgn membaca ‘Bismillahil kabiri, a'udzu billahil ‘azhimi min syarri kulli ‘irqin na‘arin wa min syarri harrin nari,

Dalam penjelasan lebih lanjut, ulama besar mazhab Syafii, Imam Nawawi juga menganjurkan bagi yg mengalami sakit tersebut membaca QS. Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, serta An-Nas, kemudian ditiupkan ke kedua telapak tangan dan diusapkan ke wajah dan bagian tubuh yg merasakan sakit.

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDoa ketika Terserang Demam Tinggi . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.