Membahas tentangDoa Terhindar dari Bencana Longsor

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDoa Terhindar dari Bencana Longsor,

Oase.id-  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Februari sampai Maret menjadi puncak musim penghujan sepanjang 2020. Tingginya intensitas hujan yg turun berpotensi memicu longsor di beberapa wilayah Indonesia. Terutama daerah tinggi seperti pegunungan, bukit, lereng hingga tebing. 

Untuk menghindari longsor, diperlukan upaya preventif seperti menanam pohon di wilayah curam, membuat terasering, dan membangun saluran pembuangan air.

Selain itu, kita juga dianjurkan membaca doa berikut sebanyak tiga kali setiap pagi dan sore:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ

وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

 

Bismillaahil ladzii laa yadlurru ma'as mihi syai'un fil 'ardli wala fis samaa'wahuwas samii'ul 'aliim

“Dengan nama Allah yg tak mau berbahaya sesuatu yg ada di bumi maupun yg ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Baca: Doa yg Dibaca saat Turun Hujan

 

Doa ini sebagaimana diriwayatkan Imam Abu Daud, bahwa Rasulullah Saw bersabda;

“Barangsiapa di permulaan siang atau permulaan malamnya membaca “Bismillaahil ladzii laa yadlurru ma'as mihi syai'un fil 'ardli wala fis samaa' wahuwas samii'ul 'aliim,” sebanyak tiga kali, maka ia tak mau tertimpa musibah yg datang tiba-tiba hingga pagi hari. Dan barangsiapa membacanya pada pagi hari sebanyak tiga kali, maka ia tak mau tertimpa bencana yg datang tiba-tiba hingga sore hari.”

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Futuhat Al-Rabbaniyah (Syarh) 'ala Al-Adzkar Al-Nawawiyah karya Syekh Muhammad Ibnu 'Allan Al-Shiddiqi.

(FER)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDoa Terhindar dari Bencana Longsor . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.