Membahas tentangDoa yg Dianjurkan Dibaca pada Hari Tasyrik

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangDoa yg Dianjurkan Dibaca pada Hari Tasyrik,

Puasa ialah salah satu amalan yg dianjurkan bagi umat muslim. Namun, selain memiliki hukum wajib dan sunah, puasa juga ada yg diharamkan.

Seperti yg terjadi setelah Hari Raya Idul Adha, umat muslim mau menemukan hari tasyrik yg jatuh pada setiap tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Hari tasyrik disebut juga dgn Hari Nahar yg artinya hari untuk menyembelih. Pada hari Tasyrik ini, umat muslim diharamkan berpuasa.

Rasulullah ï·º bersabda:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَابِقٍ قَالَ أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ ابْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَهُ وَأَوْسُ بْنُ الْحَدَثَانِ فِي أَيَّامِ التَّشْرِيقِ فَنَادَيَا أَنْ لَا يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مُؤْمِنٌ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ 

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami (Muhammad bin Sabiq) berkata; telah mengabarkan kepada kami (Ibrahim bin Thahman) dari (Abu Az Zubair) dari (Ibnu Ka'ab bin Malik) dari (Bapaknya) menceritakannya Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam mengutusnya bersama Uwais bin Al Hadatsan pada Hari Tasyrik, lalu keduanya menyerukan bahwa tak mau masuk surga kecuali orang mukmin dan Hari Tasyrik ialah hari makan dan minum.” (HR. Ahmad)

Meskipun demikian, umat muslim hendaknya tak melupakan ibadah yg lain. Seperti amalan yg juga dianjurkan pada hari Tasyrik tersebut, yakni perbanyak berdoa. Salah satu doa yg dianjurkan untuk dibaca pada hari Tasyrik ialah doa sapu jagat. 

Sebagaimana Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 203 yg berbunyi:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَنْ تَأَخَّرَ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Artinya: “Dan berdzikirlah (dgn menyebut) Allah dalam beberapa hari yg berbilang. Barangsiapa yg mau cepat berangkat (dari Mina) setelah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yg mau menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tak ada dosa pula baginya, bagi orang yg bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu mau dikumpulkan kepada-Nya.” (QS. Al Baqarah: 203).

Dinamakan doa sapu jagat sebab di dalamnya terkandung kebaikan di dunia dan akhirat, serta kesehatan, rezeki dan segala hal yg positif lainnya. Bacaan doa sapu jagat terdapat dalam QS. Al Baqarah ayat 201 yg berbunyi:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (Al Baqarah: 201)

Doa sapu jagat ini dapat diamalkan setiap hari dan dibaca setelah salat fardu. Terutama saat memasuki hari Tasyrik.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangDoa yg Dianjurkan Dibaca pada Hari Tasyrik . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.