Membahas tentangIbadah Kurban: Ketentuan Pembagian Daging dan Hikmahnya dalam Islam

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangIbadah Kurban: Ketentuan Pembagian Daging dan Hikmahnya dalam Islam,

Ibadah kurban hukumnya sunah muakkad bagi yg mampu melaksanakan. Dalam artian bahwa berkurban di Hari Raya Idul Adha sangat dianjurkan bagi umat Islam. Tujuannya supaya semakin lebih dekat kepada Allah Swt.

Allah Swt memerintahkan kepada umat Islam untuk melakukan ibadah kurban. Melalui firman-Nya dalam QS. Al-Kautsar ayat 2, bahwa:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya: “Maka laksanakanlah salat sebab Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Selain firman Allah dalam Al-Quran, terdapat salah satu hadis dari Aisyah RA, bahwa Nabi Muhammad ï·º bersabda:

“Tidak ada suatu amalan pun yg dilakukan oleh manusia pada hari raya kurban yg lebih dicintai Allah Swt dari menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat mau datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dgn (pahala) kurban itu,” (HR. Tirmidzi).

Kemudian Ibnu Abbas RA berkata bahwa Rasulullah ï·º bersabda: “Aku diperintahkan menyembelih kurban dan kurban tak wajib bagimu,” (HR. Ad-Daruqutni).

Ibadah kurban ini dilakukan dgn cara menyembelih hewan ternak. Namun perlu diingat bahwa hewan kurban hanya boleh dari kalangan Bahiimatul Al An'aam (hewan ternak tertentu). Yaitu, unta, sapi, atau kambing. Selain hewan tersebut tak boleh.

Sementara itu, terdapat ketentuan dalam pembagian daging hewan kurban yg telah disembelih. Hal ini berdasarkan pada sabda Rasulullah ï·º yg berbunyi: “Makanlah dan berilah makan kepada (fakir-miskin) dan simpanlah.”

Mengutip dari NU Online, pembagian daging hewan kurban ialah sepertiga untuk diri sendiri (orang yg berkurban). Bahkan, sunah hukumnya memakan daging tersebut. Kemudian sepertiganya disedekahkan, dan sepertiga sisanya disimpan.

Daging hewan kurban selain dapat diberikan untuk kerabat, juga kepada para fakir miskin. Adapun bentuk daging kurban yg disedekahkan berupa daging segar dan dalam kondisi masih mentah. Serta, dilarang menjual bagian dari hewan kurban tersebut.

Hikmah Berkurban

Berkurban di Hari Raya Idul Adha mengandung banyak hikmah. Selain merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, ibadah kurban juga dapat memberikan manfaat bagi sesama manusia.

Berikut ini Oase.id memaparkan sejumlah hikmah dari ibadah kurban:

1. Untuk mengenang ketaatan Nabi Ibrahim AS
Ibadah kurban selalu mengingatkan kepada kisah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Kisah ini juga dijelaskan dalam Al-Qur’an surat As-Saffat ayat 102-107.

2. Untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt
Melakukan kurban merupakan salah satu cara dalam mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Tujuan utama dalam ibadah kurban ini bukanlah persembahan daging maupun darahnya, melainkan untuk mendapatkan ketakwaan dari Allah SWT.

Sebagaimana firman-Nya yg berbunyi, “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yg dapat mencapainya.” (Q.S. Al-Hajj: 37)

3. Sebagai usaha dalam melakukan syiar Islam
Melaksanakan ibadah kurban juga sebagai bentuk kepatuhan terhadap ajaran Nabi Muhammad dan Allah SWT.

4. Ibadah kurban lebih baik dibandingkan sedekah dgn uang senilai hewan kurban.

5. Sebagai tanda keislaman dan bentuk ketaatan terhadap Allah Swt
Bagi umat Islam yg hidupnya tergolong mampu, maka berkurban ialah ibadah yg wajib dijalankan.

6. Untuk berbagi sekaligus membahagiakan saudara kaum duafa
Agama Islam sangat menganjurkan untuk selalu berbagi kepada sesama. Khususnya berbagi dgn orang-orang yg lebih membutuhkan.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangIbadah Kurban: Ketentuan Pembagian Daging dan Hikmahnya dalam Islam . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.