Membahas tentangJangan Kebanymau, Ini Efek Samping Pakai Hand Sanitizer Berlebihan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangJangan Kebanymau, Ini Efek Samping Pakai Hand Sanitizer Berlebihan,

Oase.id– Penggunaan pembersih tangan praktis alias hand sanitizer dianjurkan bila tak mampu menjangkau sumber air untuk mencuci tangan atau sedang dalam perjalanan. Cairan pembersih yg biasa memiliki kandungan etil alkohol ini juga dapat berfungsi sebagai antiseptik.

Akan tetapi, tak disarankan menggunakan hand sanitizer secara berlebihan. Karena selain etil alkohol, cairan pembersih tangan ini juga cenderung mengandung air, penguat aroma, gliserin, dan triclosan atau triclocarban.

Nah, berikut ialah kemungkinan dari dampak dari pemakaian hand sanitizer secara berlebihan;

 

Resistensi antibiotik

Triclosan berkontribusi membuat bakteri resisten terhadap antibiotik. Dengan penggunaan pembersih tangan terlalu sering sebenarnya dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. 

Baca: Diisukan Bisa Mencegah Korona, Ini 4 Manfaat Jahe yg Jarang Diketahui

 

Sebuah studi yg dilakukan Epidemic Intelligence Service (2011) di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) menemukan kesimpulan bahwa karyawan perawatan kesehatan yg lebih sering menggunakan pembersih tangan praktis ketimbang sabun dan air maka lebih berisiko terkena wabah penyakit.

 

Keracunan 

Bagaimana dgn hand sanitizer yg tak triclosan? Itu pun tak berarti sepenuhnya aman. 

Bahan aktif pembersih tangan menggunakan jenis alkohol bertindak sebagai antimikroba yg membunuh bakteri. Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS dan Centers for Disease Control merekomendasikan etil alkohol, isopropil alkohol, atau campuran keduanya dalam konsentrasi 60% hingga 95%.

Jika dipakai dgn tak melihat anjuran penggunaan atau berlebihan, maka kandungan alkohol pada hand sanitizer memungkinkan mau mengkontaminasi tangan dan menyebabkan keracunan ketika tanpa sengaja tertelan. 

 

Kasus ini, pernah terjadi di California. Dilansir dari Abcnews.go.com, sebanyak 6 remaja dirawat di rumah sakit sebab keracunan alkohol. Hal ini terjadi ketika mereka mencuci tangan dgn hand sanitizer kemudian tanpa sengaja menelan cairan tersebut. 

Konsultan toksikologi medis Cyrus Rangan dari Children's Hospital Los Angeles mengatakan, cairan alkohol dalam kandungan hand sanitizer berpotensi menyebabkan kerusakan otak, hati, dan ginjal ketika masuk ke sistem pencernaan. 

Bahan kimia 

Jika pembersih tangan memiliki aroma khusus, maka kemungkinan hand sanitizer tersebut memiliki kandungan kimia beracun. 

Parfum sintetis mengandung phthalate, yg merupakan pengganggu endokrin yg meniru hormon dapat mengubah perkembangan genital. Beberapa produk hand sanitizers pun mengandung bahan pengawet untuk rmemperpanjang usia simpan suatu produk.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangJangan Kebanymau, Ini Efek Samping Pakai Hand Sanitizer Berlebihan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.