Membahas tentangJumlah Takbir dalam Salat Idul Adha Beserta Bacaannya

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangJumlah Takbir dalam Salat Idul Adha Beserta Bacaannya,

Hari Raya Idul Adha disebut dgn Hari Raya Kurban. Disebut juga Lebaran Haji. Hal ini disebabkan Idul Adha merupakan puncak dari rangkaian ibadah haji, yakni refleksi dari kisah perjalanan rohani keluarga Ibrahim AS.

Salah satu ibadah yg dilaksanakan umat Muslim saat Hari Raya Idul Adha ialah salat Idul Adha sebanyak dua rakaat pada pagi hari. Sama seperti salat Idul Fitri, dalam salat Idul Adha ada tambahan jumlah takbir di setiap rakaat salatnya. Tambahan takbir tersebut dilakukan setelah takbiratul ihram atau sebelum rukuk.

Sebelum masuk pada penjelasan takbir dalam salat Idul Adha, jangan lupa bacaan niat salat Idul Adha terlebih dahulu.

Niat salat Idul Adha berbunyi:

أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى مَأْمُوْمًاإِمَامًا للهِ تَعَــــــــالَى

Artinya: “Aku niat melaksanakan salat sunah Idul Adha (sebagai makmum/imam) sebab Allah Ta’ala.”

Lakukan takbiratul ihram setelah membaca niat. Lalu dilanjut dgn tambahan takbir yg ada pada setiap rakaat.

Setelah melakukan takbiratul ihram sebagaimana salat biasa, dilanjutkan dgn membaca doa iftitah. Kemudian takbir hingga tujuh kali untuk rakaat pertama.

Dalam Fikih Ibadah Madzhab Syafi'i karya Syaikh DR. Alauddin Za'tari, disebutkan hadis Jabir bin Abdillah terkait takbir saat salat Idul Adha, bahwa:

“Rasulullah ï·º mengangkat tangan sejajar dgn posisi pundak. Kemudian, meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri di bawah dada setelah setiap kali takbir.”

Disunahkan pula membaca setiap takbir dalam satu nafas. Untuk setiap dua takbir, dipisahkan kira-kira durasi bacaan satu ayat yg tak panjang dan tak pendek, yakni dgn membaca bacaan di bawah ini dgn suara pelan:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tak ada tuhan selain Allah dan Allah Mahabesar.”

Setelah ketujuh takbir selesai dilakukan, dilanjut dgn membaca surat al-Fatihah. Kemudian dianjurkan membaca Surat al-Ghâsyiyah. Setelah itu, maka lakukan ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya hingga berdiri lagi.

Pada posisi berdiri kembali pada rakaat kedua, baca lagi takbir sebanyak lima kali seraya mengangkat tangan dan melafalkan اللهُ أَكْبَر seperti sebelumnya.

Di antara takbir-takbir tersebut, lafalkan kembali bacaan sebagaimana yg ada pada rakaat pertama. Kemudian dilanjutkan ke ruku’, sujud, dan seterusnya hingga salam.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangJumlah Takbir dalam Salat Idul Adha Beserta Bacaannya . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.