Membahas tentangKumpulan Doa yg Dibaca Nabi Muhammad Ketika Tertimpa Kesusahan dan Penyakit

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangKumpulan Doa yg Dibaca Nabi Muhammad Ketika Tertimpa Kesusahan dan Penyakit,

Saat ini kita tengah dihadapkan kesusahan dan musibah yg begitu berat. Pandemi Covid-19 telah merenggut banyak korban jiwa baik di dunia, juga di Indonesia.

Sudah lebih dari satu tahun Indonesia diterpa badai Covid-19. Bahkan, dalam satu bulan terakhir, lonjakan kasus Covid-19 terus meningkat. Hingga kini, telah lebih dari 60 ribu korban yg meninggal di Indonesia.

Artinya, kita semua sedang diuji ketabahan dan kekuatan oleh Allah Swt, sehingga kita harus banyak berdoa meminta petunjuk supaya wabah ini segera berakhir.

Berikut ini Oase.id merangkum doa ketika tertimpa kesusahan dan penyakit.

Diriwayatkan dalam kitab Shahih Bukhari Muslim, Ibnu Abbas Radiyallahu anhu (RA) mengatakan, sesungguhnya Rasulullah ï·º ketika tertimpa kesusahan beliau membaca doa:

“Laa ilaaha illallahul ‘adzhiimul haliim, laa ilaaha illallaahu rabbil arsyil ‘adzhiim, laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul ardhi wa rabbul arsyil kariim.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan yg berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Agung dan Maha penyayg, tak ada Tuhan yg berhak disembah kecuali Allah, Yang memiliki Arsy yg agung, tak ada Tuhan yg berhak disembah kecuali Allah, yg memiliki langit-langit, bumi dan Arsy yg agung.”

Dibenarkan oleh riwayat Imam Muslim, bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad ï·º ketika kesusahan membaca doa tersebut. Kalimat doa tersebut bermakna “hazabahu amrun” atau ketika turun kesusahan atau tertimpa kesusahan.

Sementara, dalam kitab Sunan At-Tirmidzi dari Anas Radiyallahu anhu (RA), dari Rasulullah ï·º: 

“Sesungguhnya bila beliau tertimpa musibah beliau membaca doa: Yaa hayyu yaa qayyuumu birahmatika astaghiits.”

Artinya: “Wahai zat yg hidup, lagi menghidupkan dgn rahmat-Mu, aku memohon pertolongan-Mu.”

Alhakim mengatakan bahwa hadis ini sahih dalam sanadnya. Halnya, dalam riwayat kitab Ibnu Sunni, dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu (RA):

“Sesungguhnya Nabi Muhammad ï·º ketika tertimpa kesusahan beliau menengadahkan kepalanya ke langit seraya membaca doa: ‘Subhaanallaah hil adzhiim (Maha suci Allah, yg Maha agung)’. Jika begitu berat kesusahannya, beliau membaca doa: ‘Yaa hayyu yaa qayyuumu (wahai zat yg Maha hidup dan Maha menghidupkan).”

Adapun doa yg sering dibaca Rasul saat tertimpa kesusahan dan penyakit  tersaji dalam kitab Sahih Bukhari Muslim, yakni: 

“Allaahumma aatinaa fid dunyaa hasanataw wafil aakhirati hasanataw waqinaa ‘adzaa bannaar.”

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami kebaikan dalam dunia dan akhirat, dan jauhkanlah kami dari api neraka.”

Demikian beberapa doa yg sering dibaca Rasul ï·º saat tertimpa kesusahan dan penyakit. Semoga bermanfaat.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangKumpulan Doa yg Dibaca Nabi Muhammad Ketika Tertimpa Kesusahan dan Penyakit . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.