Membahas tentangLakukan Ini, 7 Cara Menjaga Stamina Jelang Idulfitri

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangLakukan Ini, 7 Cara Menjaga Stamina Jelang Idulfitri,

Oase.id – Tak terasa puasa mau berakhir dalam hitungan hari lagi dan umat islam akan menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 H. Agar pada hari kemenangan nanti tubuh tetap sehat, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dgn mempertahankan pola makan yg baik juga berolahraga.

Selain pola makan dan berolahraga yg baik untuk menjaga stamina tubuh, ternyata banyak cara alami lain yg dapat dilakukan selama berpuasa. Dilansir dari indiatimes.com, berikut 7 cara untuk membantu meningkatkan dan menjaga stamina tubuh menjelang Hari Raya Idulfitri :

1. Pantau indeks massa tubuh secara berkala

Menjaga indeks massa tubuh (BMI) menjadi langkah penting untuk menentukan stamina tubuh. Ini disebabkan berkurang dan bertambahnya BMI secara drastis mau sangat mempengaruhi stamina tubuh selama beraktivitas terutama saat berpuasa. Saat ini telah banyak website yg dapat digunakan untuk mengetahui BMI tubuh.

2. Beralan ringan setelah buka puasa

Berjalanlah perlahan setelah menyantap hidangan berbuka, usahakan untuk memberikan jarak waktu 20 menit antara makan dan berjalan. Aktivitas ini merupakan bagian penting untuk membangun stamina sebab dgn berjalan, tubuh mau mencerna makanan dgn baik, juga membantu sistem pencernaan tetap bebas dari racun.

3. Memberi jeda waktu antara makan dan tidur

Penumpukan lemak pada tubuh disebabkan sebab kegiatan tidur setelah makan. Ini tentunya tak baik untuk tubuh dan mau meningkatkan risiko obesitas, juga memperburuk stamina tubuh. Buatlah jadwal aturan untuk selalu memberikan jeda waktu setaknya dua jam antara makan malam dan tidur. Hal ini mau memberikan dampak baik seperti meningkatkan metabolisme dan pencernaan.

4. Konsumsi air hangat

Lakukan hal ini saat sahur atau sebelum tidur selama berpuasa, mungkin dapat dilakukan setelah bulan Ramadhan. Menyeruput air hangat sangat efektif dalam meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan yg pada akhirnya mau memberikan dampak baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

5. Perasaan positif

Tetap berpikiran positif terbukti mampu meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikaitkan dgn cara seseorang mengelola stres, tetap optimistis dan kondisi mental lainnya yg mampu memperburuk stamina.

6. Menjaga keseimbangan asupan natrium

Tubuh dapat kehilangan banyak natrium dalam bentuk keringat saat sedang melakukan olahraga. Penting untuk menjaga supaya natrium dalam tubuh tak turun drastis, ini mau menyebabkan situasi yg disebut ketakseimbangan elektrolit dan tubuh mau merasa pusing dan mual. Kondisi ini tentunya mau membuat stamina tubuh menurun dan tubuh mau mudah sakit.

7. Istirahat yg cukup

Memastikan tubuh mendapatkan tidur malam yg nyenyak merupakan hal yg wajib untuk meningkatkan juga mempertahankan stamina. Pola tidur yg cukup dan teratur juga merupakan kunci menuju hidup yg lebih sehat, baik fisik maupun psikologis.

Beberapa cara ini dapat dilakukan untuk meningkatkan stamina supaya tubuh selalu siap untuk menyambut Hari Raya Idulfitri dan bersiap untuk bersilaturahmi dgn keluarga besar.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangLakukan Ini, 7 Cara Menjaga Stamina Jelang Idulfitri . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.