Membahas tentangLakukan Ini supaya Stamina Tetap Terjaga Selama WFH

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangLakukan Ini supaya Stamina Tetap Terjaga Selama WFH,

Oase.id– Sudah hampir sebulan sebagaian masyarakat pekerja mengalihkan aktivitasnya dari kantor menjadi work from home (WFH). Hal ini, dapat jadi membuat orang-orang di rumah begitu sibuk dan lupa meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga.

Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan, setiap orang rata-rata harus mendapatkan kesempatan olah tubuh 2,5 jam atau 1,5 jam dalam setiap minggunya.

Baca: WFH Bikin Enggak Produktif? Baca Doa Ini supaya Terhindar dari Rasa Malas

 

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut selama WFH, berikut ialah beberapa tips yg dapat diikuti;

 

Luangkan 30 menit

Sisihkan waktu 30 menit untuk berolahraga. Dengan pemecahan waktu 10 menit sebelum kamu mulai bekerja, 10 menit saat makan siang, dan 10 menit setelah rampung bekerja.

Gunakan gerakan mudah yg dapat kamu lakukan di meja kerja, atau di rumah seperti jumping jacks, jump tope, squat, dan lain sebagainya.

 

Naik turun tangga

Selama jam kerja di rumah, cobalah untuk beristirahat selama 5 sampai 10 menit, terutama ketika pikiran atau suasana telah mulai membosankan. 

Jernihkan pikiran dgn berlari kecil naik turun tangga, atau hanya dgn berjalan kaki. 

Menurut beberapa studi, hal ini merupakan salah satu cara yg cukup manjur untuk meremajakan kembali pikiran dan pekerjaan pun siap dilanjutkan kembali.

 

Latihan dinding

Gunakanlah 1 atau 2 menit dalam sehari untuk membangun kekuatan otot dan tingkat daya tahan tubuh. 

Cara melakukan kegiatan ini pun cukup mudah, yakni berdiri dgn punggung yg menghadap pada dinding kokoh. Lalu luruskan punggung, tekuk lutut, dan kemudian secara bersamaan geser ke bawah dinding. 

Proses ini berakhir pada posisi seperti orang duduk pada kursi, lantas tahan posisi ini selama setaknya 60 detik. Ulangi prosesnya, paling tak sebanyak 10 kali.

 

Gulungan bahu 

Gulungan bahu merupakan latihan peregangan luar biasa yg dapat dilakukan tanpa mengangkat tangan dari keyboard meskipun sedang sibuk mengetik. 

Caranya, angkat bahu setinggi-tingginya. Kemudian, perlahan-lahan gerakkan bahu ke depan dan ke belakang. Dorong hingga ke posisi maksimal di setiap arah. Lalu setelah selesai 3-5 lingkaran, ubah arah dan memutar bahu ke depan lalu lakukan roll bahu selama 3-5 kali.

Baca: 3 Jenis Olahraga yg Cocok Dilakukan selama Social Distancing

 

Peregangan hamstring

Bagian paha belakang yg kaku merupakan sumber utama masalah postur dan ketaknyamanan dalam bekerja.

Cara terbaik untuk meregangkannya ialah dgn berbaring di atas matras yoga kemudian angkat salah satu kaki, rentangkan, lalu lilitkan sebuah band resistensi di sekitar kaki. Pegang kedua ujung band dgn tangan.

Yang terpenting ialah tarik napas dalam-dalam sebelum melakukan peregangan.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangLakukan Ini supaya Stamina Tetap Terjaga Selama WFH . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.