Membahas tentangMengapa Puasa dapat Memunculkan Bau Mulut? Ini Jawabannya

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangMengapa Puasa dapat Memunculkan Bau Mulut? Ini Jawabannya,

Oase.id- Halitosis atau bau mulut terjadi salah satunya sebab mulut kering. Kurangnya air liur menyebabkan bakteri mulut yg biasanya bekerja di sisa-sisa makanan di antara gigi dan lapisan lidah melepaskan gas yg aroma mulut jadi tak sedap.

Dokter spesialis gigi dan gusi di Sno Dental Clinic, Abu Dhabi, Nasser Fouda mengatakan, langkah-langkah sederhana seperti sering berkumur dan menyikat gigi dgn benar mau memastikan kebersihan gigi, bahkan saat berpuasa.

Anda dapat berkumur menggunakan obat kumur atau air biasa. 

Selain itu, menurut Dr. Sujay Mohan Rai, spesialis prostodontik di NMC Speciality Hospital seperti dilansir Gulf News, gigi palsu dan tambalan pada gigi juga seharusnya rutin dibersihkan termasuk saat Ramadan sebab berpotensi menampung partikel makanan yg berujung menyebabkan bau mulut.

Agar mulut tak menimbulkan aroma tak sedap selama puasa, pakar kesehatan gigi dan mulut, Drg. Ratu Mirah Afifah menyarankan memperbanyak konsumsi air putih dan makanan berserat di kala sahur dan berbuka puasa.

 

Selain itu, sebaiknya hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin serta minuman yg tinggi kadar kafein. Makanan yg mengandung bahan berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih juga sebaiknya dihindari.

Makanan asam seperti tomat, nanas juga sebaiknya tak dikonsumsi selama Ramadan. Bakteri yg berhubungan dgn bau mulut lebih menyukai lingkungan yg lebih asam dan lebih aktif pada tingkat keasaman mulut yg tinggi.

Untuk meningkatkan aroma napas, sayuran seperti brokoli, wortel, ubi dan buah-buahan segar dapat membantu.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangMengapa Puasa dapat Memunculkan Bau Mulut? Ini Jawabannya . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.