Membahas tentangNabi Tak Pernah Panik saat Menghadapi Kehebohan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangNabi Tak Pernah Panik saat Menghadapi Kehebohan,

Oase.id- Rasulullah Muhammad Saw selalu menenangkan. Bukan sekadar dari nasihat-nasihat yg diucapkan, melainkan pula dari segenap perilaku yg diteladankan. 

Sekali waktu, Madinah dilanda satu kabar heboh. Masyarakat pun panik. Demi memastikan dan menenangkan umatnya, Nabi segera meminjam seekor kuda milik Abu Thalhah, lantas menuju sumber kegemparan yg disebut banyak orang.

Ketika kembali, Nabi bersabda, “Kami tak menjumpai satu kegemparan. Dan sesungguhnya, yg kami menjumpai kuda bernama Mandub ini benar-benar kencang larinya, mirip ombak menggulung lautan.”

 

Keberanian Rasulullah untuk menjadi orang pertama dalam memeriksa simpang siur isu yg beredar di masyarakat juga dicontohkan saat senyap malam kota Madinah dikejutkan suara yg dahsyat. Ketika orang-orang berbondong-bondong keluar rumah menuju sumber suara, Nabi telah lebih dulu berada di tempat tersebut dan berbalik ke arah keramaian dan bersabda;

Baca: Cerita Nabi Batal Umrah

 

“Jangan panik, jangan panik.”

Kepanikan masyarakat Madinah pun redam, lantaran memang menjumpai panutannya itu menyampaikan pesan dgn tetap tenang dan tampak santai. 

Sumber: Disarikan dari hadis No. 4266 (Bab Fadhail) dalam Shahih Muslim dan hadis No. 2434 (Kitab Hibah) dalam Shahih Al-Bukhari 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangNabi Tak Pernah Panik saat Menghadapi Kehebohan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.