Membahas tentangRamadan kian Dekat, Jauhi 5 Mmau Ini Demi Lambung Sehat

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangRamadan kian Dekat, Jauhi 5 Mmau Ini Demi Lambung Sehat,

Oase.id– Ramadan 1441 H diperkirakan jatuh pada 23 April 2020. Itu berarti, tak lama lagi kita mau memasuki bulan suci.

Ramadan menjadi bulan yg dinanti. Sebagian Muslim, bahkan telah banyak yg mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya dgn berbagai macam persiapan, termasuk, mulai menyesuaikan pola dan waktu makan yg berubah.

Yang penting dicatat ialah, perubahan pola dan waktu makan saat Ramadan sangat mempengaruhi kualitas lambung. Untuk itu, alangkah baiknya mulai dari sekarang mempersiapkan diri dgn cara menghindari makanan yg dapat mengganggu sistem pencernaan.

Dilansir dari Halodoc, berikut ialah 5 makanan yg patut dihindari demi terjaganya kualitas lambung dan pencernaan dalam rangka menyongsong kewajiban berpuasa saat Ramadan;

 

Makanan berlemak

Siapa yg tak suka nasi padang? Rasanya yg sedap dan gurih, memang cocok disantap saat lapar, terlebih ketika berbuka puasa.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa kekayaan rempah, minyak, santan, lemak, dan pedas dalam kandungan lauk pauk di dalamnya dapat memicu peningkatan tekanan asam lambung ketika dikonsumsi secara berlebihan.

 

Rasa asam

Mulailah untuk mengurangi memakan buah dgn rasa serba asam, seperti jeruk, lemon, anggur, dan lainnya.

Meskipun baik sebab mengandung vitamin C, mau tetapi asam pada buah juga dapat memicu kadar asam pada lambung mengingkat. Kelebihan asam lambung, tentu mau mengganggu bermacam aktivitas, apalagi ketika di siang hari saat berpuasa.

 

Kopi

Kopi makin menjelma sebagai minuman kekinian. Akan tetapi, kopi juga dapat merangsang rasa tak nayaman pada lambung. 

Sebenarnya, tak cuma kopi yg mesti dihindari demi terhindar dari keluhan maag. Minuman lain, seperti sari buah dan susu full cream juga cukup patut dipantang.

 

Bercuka dan pedas

Makanan pedas dan bercuka juga termasuk kelompok makanan penyebab masalah pada lambung. Makanan ini mesti diwaspadai bagi orang-orang yg mempunyai riwayat penyakit maag sebab dapat mengiritasi lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri pada ulu hati.

 

Baca: Ramadan Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Ini untuk Menyambut Bulan Suci

 

Bawang putih

Bawang putih termasuk ke dalam bumbu masakan yg berpotensi dapat menyebabkan asam lambung. Meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi bawang putih juga memiliki kemungkinan dapat meningkatkan risiko terjadinya asam lambung dgn kadar dampak yg berbeda-beda bagi setiap orang.  

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangRamadan kian Dekat, Jauhi 5 Mmau Ini Demi Lambung Sehat . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.