Membahas tentangSelain Zoom, Ini 8 Layanan Konferensi Video yg Patut Kamu Coba

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangSelain Zoom, Ini 8 Layanan Konferensi Video yg Patut Kamu Coba,

Oase.id- Sejumlah kebijakan diterapkan pemerintah Indonesia guna menghentikan penyebaran virus korona di Tanah Air, termasuk beraktivitas di rumah. Hal ini berarti masyarakat harus bersekolah, beribadah dan bekerja, bila memungkinkan, dari rumah masing-masing.
 
Tidak hanya di Indonesia, sejumlah negara lain juga menerapkan kebijakan serupa, yg turut didukung oleh pembatasan akses di wilayah tertentu. Hal ini mendorong pemanfaatan layanan berbasis internet dalam kapasitas signifikan.
 
Zoom memang menjadi salah satu layanan konferensi video yg tengah naik daun saat ini, namun tersedia juga layanan lain berkemampuan serupa untuk mendukung aktivitas bersekolah dan bekerja dari rumah, termasuk layanan karya pengembang asal Indonesia.

 

1. Google Classroom

Classroom dirancang untuk membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas, termasuk fitur untuk menghemat waktu guru seperti kemampuan membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa.

Classroom juga dapat membuat folder Drive terintegrasi untuk setiap tugas dan setiap siswa, supaya semuanya tetap teratur. Layanan ini memiliki cukup banyak fitur termasuk terhubung ke layanan Google yg lain.

 

2. Skype

Aplikasi Skype merupakan aplikasi yg banyak ditemukan dan kadang hadir sepaket dgn sistem operasi Windows. Skype mudah digunakan dan mendukung antar perangkat sebab dapat diakses di laptop, komputer (desktop), dan smartphone.

Namun, layanan Skype hanya dapat digunakan dgn cara mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu alias bukan berbasis web via peramban internet (browser). Di dalamnya tersedia beberapa fitur mulai dari chat, audio chat, video, chat dan file sharing.

 

3. Dirumahaja.live

Layanan berbasis peramban ini merupakan layanan konferensi video karya pengembang asal Indonesia yg tak mengharuskan melakukan instalasi aplikasi ataupun membuat akun terlebih dahulu untuk dapat memanfaatkan layanan ini, sebab layanan ini berbasis situs.

Baca: Ini Dia dirumahaja.live, Layanan Konferensi Video Karya Anak Bangsa

 

Berbasis peramban, artinya layanan ini dapat digunakan baik melalui perangkat desktop PC, laptop, ataupun perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Tampilan antarmuka layanan juga mau menyesuaikan dgn perangkat yg digunakan oleh penggunanya.
 
Pengguna juga dapat mengubah kualitas video conference HD (High Definition), SD (Standar Definition), atau mode hemat kuota. Sebagai informasi, layanan ini tak memberikan batasan waktu penyelenggaraan konferensi video ataupun jumlah partisipannya.

 

4. Google Meet

Google Meet atau Google Hangouts Meet ialah aplikasi video conference atau online meeting versi bisnis yg dirancang khusus untuk organisasi atau perusahaan dalam berbagai ukuran.
 
Beberapa fitur yg dapat digunakan di dalam Google Meet ialah dukungan maksimal peserta video conference hingga 100 orang, dapat digunakan di semua platform, berbagai dokumen atau presentasi, dan akses mudah hanya lewat tautan yg dibagikan.

 

5. Microsoft Teams

Layanan dari Microsoft ini termasuk sangat lengkap sebab segmen penggunanya telah di tahap yg akrab dgn teknologi, serta untuk pengguna segmen bisnis dan enterprise. Meskipun begitu, Microsoft Teams termasuk yg memiliki tampilan atau antarmuka mudah digunakan.
 
Kelebihan layanan ini ialah memiliki fitur yg lengkap dan terintegrasi langsung ke aplikasi Office 365. Jadi telah mendukung produktivitas yg membutuhkan kolaborasi. Saygnya untuk mengakses layanan Office 365 pengguna juga harus telah berlangganan lisensi aplikasi di dalamnya.

 

6. CloudX

Layanan karya Telkomsel ini merupakan layanan konferensi video yg lebih ditujukan salah satu operator besar di Indonesia ini untuk pengguna segmen bisnis dan enterprise di Indonesia. CloudX menyuguhkan layanan office communication, termasuk Virtual PABX, Contact Center, Unified Communication, dan Call Me Now.
 
Telkomsel juga menawarkan paket data spesial CloudX berkuota 30 GB dgn masa aktif 30 hari seharga Rp10 yg dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel. Penawaran paket ini sendiri diberikan kepada pelanggan prabayar yaitu SimPATI, KARTU As, dan Loop, serta pascabayar KartuHalo.

 

7. Webex

Webex ialah layanan video conference milik Cisco, perusahaan jaringan dan infrastruktur internet ternama. Layanan ini biasanya menargetkan pengguna kalangan enterprise atau perusahaan besar tapi juga cocok untuk kegiatan belajar mengajar jarak jauh.
 
Webex punya antarmuka yg sederhana dan mudah digunakan di laptop, komputer, dan smartphone. Layanan ini juga dapat diakses dgn cara mengunduh aplikasi atau lewat browser internet apabila tak mau repot memasang atau instal.
 
Di dalam Webex tersedia fitur chat, audio chat, video chat tapi tergantung jenis browser yg digunakan, file sharing seperti menampilkan slide Powerpoint, serta whiteboard yg interaktif.

 

8. Discord

Gamer mungkin telah tak asing dgn layanan Discord. Layanan voice chat dan video chat. Tampilan Discord memang lebih menarik dgn opsi komunikasi yg seperti stiker dan emoji yg lengkap dan khas gamer.
 
Discord termasuk mudah digunakan dan dapat diakses lewat laptop, komputer, dan smartphone. Penggunanya juga dapat mengakses lewat aplikasi yg diunduh atau via browser di perangkat mereka.
 
Saygnya, fitur video chat hanya mendukung di peramban Google Chrome. Meskipun begitu fitur dasar dari Discord cukup lengkap seperti fitur berbagai file atau menampilkan slide Powerpoint.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangSelain Zoom, Ini 8 Layanan Konferensi Video yg Patut Kamu Coba . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.