Membahas tentangTernyata Salat Sunah Lebih Baik Dikerjmau di Rumah

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangTernyata Salat Sunah Lebih Baik Dikerjmau di Rumah,

Oase.id- Selain yg fardu, Islam juga menganjurkan umatnya melaksanakan salat sunah. Bedanya, salat wajib mau lebih baik bila dikerjakan secara berjemaah di masjid, sementara salat sunah, tak. 

Bahkan, Rasulullah Muhammad Saw sendiri pernah bersabda; 

“Salat seseorang di rumahnya lebih utama dibandingkan salatnya di masjidku ini, kecuali salat wajib” (HR. Abu Daud)

 

Kata “salat” yg dimaksud dalam hadis tersebut ialah salat sunah. Sedangkat lafaz “masjidku” merujuk pada Masjid Nabawi. 

Jika dipahami lebih mendalam, maka keutamaan melaksanakan salat sunah di rumah menjadi sangat jelas. Padahal, salat di Masjid Nabawi setara seribu kali lipat kebaikan mendirikan salat di tempat lain. 

 

Baca: Shallu fi Rihalikum, Kumandang Azan dan Anjuran Salat di Rumah Masa Nabi Muhammad

 

Abu Ath-Tayyib Muhammad Syamsul Haq Adzim Al-Abadi dalam Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abu Daud menyatakan, salat sunah di rumah lebih utama dan lebih besar pahalanya ketimbang di masjid. Kecuali, salat sunah yg memang lebih dianjurkan berjemaah seperti salat Idulfitri dan Iduladha, salat gerhana dan salat istisqa (meminta hujan). Atau, salat yg dikhususkan di tempat tertentu seperti salat tahiyatul masjid, salat tawaf, dan salat ihram. 

Lebih lanjut, ahli hadis asal India ini menuliskan bahwa Imam Nawawi berkata, salat sunah lebih utama dilakukan di rumah juga sebab pertimbangan rumah lebih tertutup dan lebih menjauhkan seseorang dari sikap riya.

 

Baca: Umar bin Khattab: Wabah Adalah Takdir, dan Menghindarinya Juga Takdir

 

Salat sunah di rumah juga dapat menjadi sebab keberkahan. Rahmat Allah bersama malaikat turun ke dalam rumah tersebut, juga dapat menjauhkannya dari setan-setan. 

Rumah yg tak pernah digunakan beribadah diumpamakan sebagai kuburan. Dengan mendirikan salat sunah, seseorang telah menjadikan rumahnya bernilai dan lebih hidup.

Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Nabi Saw bersabda;

“Jadikanlah (sebagian dari) salat kalian ada di rumah kalian, dan jangan kalian jadikan ia sebagai kuburan.”

Ibnu Hajar Al-Atsqalani menyatakan, sebagian ulama mengartikan hadis ini sebagai anjuran salat sunah di rumah, sekaligus imbauan supaya tak menyetarakan diri sebagai orang mati yg tak melaksanakan salat.

Maksudnya, janganlah seperti mayit-mayit yg tak salat di rumah (kuburan) mereka.

Berkaitan dgn ini, Rasulullah Saw juga bersabda:

“Perumpamaan rumah yg disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yg tak pernah disebut nama Allah di dalamnya seperti yg hidup dan mati.” (HR Muslim)

Maka, jangan ragu untuk memperbanyak salat sunah di rumah. Agar rumah kita senantiasa dilimpahkan rahmat dan cahaya, juga terlindung dari keburukan-keburukan setan.

 

Sumber: Disarikan dari hadis-hadis dalam Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abi Daud, serta keterangan dalam  Aunul Ma’bud Syarh Abi Daud  karya Abu Ath-Tayyib Muhammad Syamsul Haq Adzim Al-Abadi, dan dalam Fathul Bari bi Syarhi Shahih Al-Bukhari karya Ahmad bin Ali bin Hajar Al-Atsqalani.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangTernyata Salat Sunah Lebih Baik Dikerjmau di Rumah . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.