Membahas tentangTertuang dalam Al-Quran, Ini 4 Janji Allah kepada Umat Islam

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangTertuang dalam Al-Quran, Ini 4 Janji Allah kepada Umat Islam,

Al-Quran ialah kitab terakhir yg diturunkan Allah SWT. Diturunkan kepada Nabi Muhammad ï·º melalui perantara malaikat Jibril. Kitab ini menjadi penyempurna atas kitab-kitab sebelumnya.

Secara umum, Al-Quran ialah kitab suci bagi umat muslim. Pedoman bagi umat Islam. Di dalamnya mengandung petunjuk dan perintah serta larangan yg wajib ditaati oleh pemeluknya.

Jadi, setiap umat yg menjalankan perintah Allah SWT mau mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun sebaliknya, apabila lalai dan menjalankan segala larangan mau berdosa dan mau masuk neraka.

Artinya, setiap tindakan kita di dunia mau berdampak pada kehidupan akhirat. Entah itu kebaikan maupun keburukan. Sebagaimana beberapa janji Allah SWT yg terdapat dalam Al-Quran.

Berikut 4 janji Allah SWT kepada umat Islam yg tertuang dalam Al-Quran:

1. Jika pandai bersyukur maka Allah mau tambahkan nikmat. Hal ini termaktub dalam QS. Ibrahim ayat 7:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya bila kamu bersyukur, niscaya Aku mau menambah (nikmat) kepadamu, tetapi bila kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

2. Barang siapa mengingat Allah, maka Allah pun mau mengingatnya. Sebagaimana janji Allah yg terkandung dalam QS Al-Baqarah ayat 152:

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ ࣖ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun mau ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

3. Allah mau memberikan ampunan kepada kita bila banyak istighfar dan memohon ampun. Tentang janji ini, dapat dilihat dalam QS Al-Anfal ayat 33:

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ فِيْهِمْۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

“Tetapi Allah tak mau menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan taklah (pula) Allah mau menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.”

4. Allah mau mengabulkan bagi hambanya yg berdoa. Tidak ada kekuatan apa pun dalam diri manusia selain dari Allah. Maka, berdoa merupakan kekuatan manusia untuk meminta ampunan dan segala kemauannya. Terkait hal ini, Allah terlah berfirman dalam QS. Al-Qhafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya mau Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yg sombong tak mau menyembah-Ku mau masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangTertuang dalam Al-Quran, Ini 4 Janji Allah kepada Umat Islam . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.