Membahas tentangWarga dari Zona Merah Covid-19, Wilayah PSBB, dan Jabodetabek Dilarang Mudik

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangWarga dari Zona Merah Covid-19, Wilayah PSBB, dan Jabodetabek Dilarang Mudik,

Oase.id- Menteri Perhubungan ad interim Luhut Binsar Pandjaitan menyebut larangan mudik berlaku di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan wilayah lain yg menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Warga di zona merah virus korona (covid-19) juga tak diizinkan pulang kampung.

“Jadi saya kira pemerintah daerah juga nanti dapat mengatur di sana,” kata Luhut Pandjaitan, dilansir dari Medcom.id, Selasa, 21 April 2020.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan melarang mudik untuk mencegah penyebaran covid-19. Lalu lintas orang untuk keluar dan masuk dari dan ke wilayah, khususnya Jabodetabek, mau dilarang.

 

“Namun logistik masih dibenarkan, masih juga diperbolehkan arus lalu lintas orang di dalam Jabodetabek atau yg dikenal dgn istilah aglomerasi,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu.

Larangan mudik berlaku untuk seluruh masyarakat mulai Jumat, 24 April 2020. Namun, sanksi baru diterapkan Kamis, 7 Mei 2020. Untuk mendukung larangan mudik ini, pemerintah baru saja menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat yg terdampak covid-19 secara ekonomi.

“Jadi strategi pemerintah ialah strategi yg bertahap, kalau bahasa keren militernya saya sebut bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Saya ulangi ya, bertahap, bertingkat, dan berlanjut, jadi kita tak ujug-ujug bikin begini, sebab semua harus dipersiapkan secara matang, cermat,” tegas Luhut.

Di sisi lain, jumlah pasien positif korona di Indonesia per Senin, 20 April 2020, mencapai 6.760 orang dgn 185 di antaranya kasus baru. Sebanyak 747 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 590 orang meninggal akibat virus yg pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu.

Penularan virus dgn gejala flu, demam, hingga sesak napas itu kebanyakan berada di DKI Jakarta. Data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 3.279 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 1.935 pasien dirawat, 753 isolasi mandiri, 286 sembuh, dan meninggal 305 orang.

Saat ini, telah ada dua provinsi dan 16 kabupaten dan kota yg direstui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menerapkan PSBB. Dua provinsi ini meliputi DKI Jakarta dan Sumatra Barat

(FER)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangWarga dari Zona Merah Covid-19, Wilayah PSBB, dan Jabodetabek Dilarang Mudik . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.