Ratusan Pelajar di Jawa Barat Deklarasi Tolak Radikalisme & Hoaks Sebab Ancaman Bagi Bangsa

– Radikalisme dan hoaks menjadi salah satu ancaman bangsa Indonesia pada ketika ini, berlatar belakang itu ratusan pelajar mendeklarasikan Tolak Radikalisme dan Hoaks di Anniversary of Forum OSIS Jawa Barat, Gathering Ketua OSIS Jawa Barat 2020, di kantor Disdik Jabar, Kota Bandung.

Pemimpin Muda Jawa Barat siap Menolak Radikalisme dan Hoaks ialah Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil bersama Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dewi Sartika.

Menurut Atalia, radikalisme dan hoaks menjadi salah satu ancaman bangsa Indonesia pada ketika ini. Oleh sebab itu, dia menyambut baik deklarasi tersebut. Deklarasi merupakan salah satu tindakan preventif, khususnya bagi pelajar.

“Pelajar atau remaja harus waspada terhadap penyebaran paham-paham radikal. Salah satu cara menangkal paham radikal ialah dgn memilih dan memilah informasi,” kata Atalia. Dikutip dari media Tempo, Senin (20/1/2020).

Ia mengingatkan, remaja harus selalu berada dalam lingkungan yg positif. Biasanya, radikalisme dan terorisme itu muncul dari lingkungan sekitarnya, seperti pertemanan, dari kakak kelas dan lain sebagainya.

“Harus ada kontrol secara langsung dari orang tua maupun pemerintah setempat dan para guru juga memantau terus terkait dgn buku-buku pelajaran dan lain sebagainya,” ucap Atalia.

Selain itu Atalia pun meminta kepada para ketua OSIS buat menyebarkan materi dan pengetahuan terkait mencegah radikalisme dan hoaks. 

Baca Juga:  Menag Fachrul Razi: Salat Id di Rumah Masing-masing





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.