6 Syarat Mengamalkan Amalan Hikmah

Amalan hikmah memiliki syarat-syarat tertentu bagi siapa yang akan mengamalkannya. Tujuannya, agar supaya amalan hikmah menjadi berkah dan sesuai syariat. Menjaga agar amalan hikmah tetap sesuai dengan syariat Islam. Berikut ini adalah enam syarat dalam mengamalkan amalan hikmah. Silahkan Anda pahami benar-benar agar dalam mengamalkan amalan hikmah anda dapat memperoleh hasil maksimal dan mendapat ridho Allah SWT.

 

  • Beragama Islam. Sebab amalan hikmah merupakan amalan-amalan yang sesuai dengan syariat Islam.
  • Ikhlas dan Rendah Hati. Mengikuti dan menjalankan apa yang diajarkan guru sesuai kemampuan diri dan ikhlas dengan apa yang didapat dari berkah dan manfaat amalan yang dilakukannya. Apabila sudah mendapatkan hasil tidak boleh sombong, tetap bersikap rendah hati.
  • Niat Baik. Amalan hikmah akan bermanfaat jika dilakukan untuk kebaikan, tidak untuk kesombongan atau niat yang kurang baik. Seperti misalnya : amalan hikmah mahabbah, kekayaan, keselamatan, kecerdasan, keberuntungan. Amalan-amalan tersebut harus diniati untuk kebaikan.
  • Berfikir positif. Mulai dari diri sendiri, lalu kepada guru dan kepada ALLAH. Bahwa setiap kesulitan hidup tersebut ada hikmah yang dapat diseleseikan dengan amalan hikmah pula. Berfikir positif itu kita harus yakin, bahwa amalan hikmah itu baik dan setiap kejadian atau masalah itu juga baik. Adapun sekarang yang terjadi masalah tentu ada kebaikannya dimasa yang akan datang.
  • Menjauhi dosa besar. Amalan hikmah masih tetap ada di tubuh orang selama menjauhi dosa-dosa besar seperti berjudi, zina besar, mabuk-mabukkan, mencuri, penyalahgunaan narkotika, kafir, syirik,
  • Ijazah dari guru. Ilmu yang memiliki kekuatan adalah ilmu yang langsung didapat dari Ijazah seorang guru. Ijazah artinya sang guru mengizinkan bahwa ilmu tersebut boleh diamalkan oleh sang murid. Sehingga manfaatnya banyak, adapun apabila guru juga yang membimbing murid setiap ada kesulitan dalam mendalami suatu ilmu.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai enam syarat mengamalkan amalan hikmah. Jika ada yang kurang jelas, Anda bisa menghubungi nomor telepon yang ada di halaman ini. Insya Allah, kami siap menjawab semua pertanyaan Anda dengan senang hati.

 

Amalan hikmah adalah suatu amalan kerohanian yang diambil dari ayat-ayat suci Al-Qur’an, yang diamalkan dengan tujuan tertentu. Dalam Ayat-ayat Al-Qur’an sangat banyak fungsinya yang dapat di manfaatkan dalam berbagai hal. Karena dalam amalan hikmah sendiri masih dibagi lagi tingkat kematangan ilmunya, bila seseorang hamba ikhlas mengamalkannya dan telah diamalkan dalam waktu yang lama, maka amalan hikmah itu sendiri akan mendarah daging dalam tubuhnya atau menyatu dan sudah menjadi kebiasaan untuk mengamalkannnya.

 

Maka Allah SWT akan mengabulkan dan memenuhi permintaan hambanya tersebut, lantaran ayat-ayat Al-Qur’an yang diamalkannya, insyallah bila kita dalam keadaan yang terdesak atau mengancam nyawa kita, maka Allah SWT akan memberikan pertolongan melalui para malaikatnya. Amin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *