Iran Tak Terima Keputusan Pembatasan Haji dari Arab Saudi

– Tak semua negara menerima keputusan Pemerintah Arab Saudi soal pembatasan haji di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya ialah Iran.

Menurut otoritas Iran, keputusan itu praktis membuat hanya penduduk dan orang-orang yg tinggal di Arab Saudi saja yg dapat menunaikan haji tahun ini.

“Kami berharap pemerintah Saudi mengurus persoalan ibadah haji pada tahun ini dgn cara yg lebih baik,” demikian isi pernyataan Organisasi Haji Iran, Kamis, 26 Juni 2020 seperti dilansir Middle East Monitor lewat CNN Indonesia.

“Arab Saudi seharusnya mendengarkan pandangan dari negara mayoritas Islam lainnya dan dapat mengambil kesimpulan dari kerja sama mereka dalam memecahkan masalah di tengah situasi pandemi,” sambungnya.

Baca Juga:  Meski Kaya Minyak, Arab Saudi Terpaksa Berhutang Gegara Hantaman Covid-19

Iran mengatakan bahwa mereka sebelumnya telah mempersiapkan diri buat dapat memberangkatkan jemaah calon haji, serta membuat panduan supaya jemaah calon haji mereka tetap terlindung dari virus corona.

Adapun Iran dan Arab Saudi telah meneken kesepakatan mau mengurus sebanyak 87.500 jemaah haji yg ditargetkan berangkat pada tahun ini.

Kepala Organisasi Haji Iran, Rida Rashidian, menyatakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tak membalas pesan yg dia kirimkan terkait persoalan haji tersebut.

Sementara itu, Asosiasi Islam China menyatakan umat Muslim setempat tak mau melaksanakan ibadah haji tahun ini sebab Covid-19.

Dilansir dari laman Xinhua, Asosiasi Islam China mengatakan, meski China telah berupaya mencegah penyebaran virus corona, tetapi wabah itu masih menyebar dan belum dapat terkendali.

Baca Juga:  NU Berduka, Kiai Imam Habibul Haramain Meninggal Dunia

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menyatakan membatasi jumlah jemaah yg dapat beribadah haji tahun ini sebanyak 1.000 orang dan harus berusia di bawah 65 tahun.

Dalam pelaksanaan haji terbatas tersebut, Arab Saudi mau menerapkan pengawasan ketat, dan jemaah mau dikarantina sebelum dan setelah melaksanakan ibadah haji.





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.