Membahas tentang3 Dampak Buruk Miras Bagi Kesehatan

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang3 Dampak Buruk Miras Bagi Kesehatan,

Oase.id – Minuman keras (miras) merupakan salah satu minuman yg haram untuk dikonsumsi oleh kaum muslimin. Selain dapat membuat orang kehilangan kesadaran, mengonsumsi miras juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Memang, dampak buruk miras bagi kesehatan tak langsung dirasakan tubuh sesaat setelah kita mengonsumsinya. Namun, bila dikonsumsi secara terus menerus atau dalam jangka panjang, miras dapat merusak organ-organ di dalam tubuh, sehingga menimbulkan sejumlah penyakit bahkan dapat sampai meninggal dunia.

Dilansir healthline.com, berikut berbagai efek buruk miras pada tubuh bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan berlebihan;

1. Kerusakan hati

Hati merupakan organ yg berfungsi untuk membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh, termasuk alkohol yg terkandung dalam miras. Saat alkohol dikonsumsi jangka panjang, maka mau meningkatkan risiko radang hati kronis dan penyakit hati lainnya.

Peradangan hati biasa dikenal sebagai sirosis, hal ini mau berakibat pada sulitnya tubuh untuk mengeluarkan racun dan menyebabkan penumpukan racun pada hati.

2. Sistem saraf pusat

Alkohol dapat mengurangi kerja komunikasi antara otak dan tubuh, membuat koordinasi seluruh tubuh menjadi sulit. Efek kecil yg sering muncul pada seseorang yg sering mengonsumsi miras, yakni mengalami mati rasa dan kesemutan pada bagian kaki dan tangan.

Selain itu, meminum miras juga dapat membuat otak sulit untuk mengingat jangka panjang. Seiring waktu, mau menimbulkan kerusakan lobus frontal yg bertanggung jawab untuk kontrol emosional, memori jangka pendek, dan penilaian, selain peran penting lainnya.

3. Sistem pencernaan

Alkohol mampu merusak jaringan di saluran pencernaan dan mencegah usus mencerna makanan serta menyerap nutrisi dan vitamin yg dibutuhkan tubuh. Meminum miras dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kembung, perasaan kenyg, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Seseorang yg mengonsumsi terlalu banyak alkohol juga berisiko terkena kanker di mulut, tenggorokan, kerongkongan, usus besar dan hati. Kemungkinan besar hal ini terjadi sebab mengonsumsi tembakau dan alkohol dalam waktu yg bersamaan dan jangka waktu yg lama.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang3 Dampak Buruk Miras Bagi Kesehatan . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.