Membahas tentang3 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yg Terjadi di Bulan Safar

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang3 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yg Terjadi di Bulan Safar,

Oase.id Bulan Safar tahun ini jatuh pada tanggal 8 September kemarin, yg merupakan bulan kedua setelah Muharram pada kalender Hijriah. Dalam sejarah Islam, ada beberapa peristiwa penting yg terjadi selama bulan safar.

Peristiwa-peristiwa ini yg membuktikan bahwa bulan safar bukannya bulan kesialan. Seperti hadis berikut, Rasulullah ï·º bersabda,“Tidak ada wabah dan tak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) ketimbang penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa” (HR. Bukhari).

Habib Abu Bakar al-‘Adni menjelaskan dalam Mandzumah Syarh al-Atsar fi ma Warada ‘an Syahri Safar bahwa Rasulullah ï·º melakukan hal-hal baik untuk menghilangkan tanggapan negatif terhadap bulan Safar yg diyakini masyarakat masa jahiliyah saat itu. Berikut peristiwanya:

1. Pernikahan Nabi Muhammad ï·º dgn Khadijah

Pada bulan Safar Rasulullah ï·º menikahi Khadijah. Khadijah dikenal sebagai seorang Ummul Mukminin, yg berarti ibu bagi segenap orang beriman di seluruh dunia. Sejarah mencatat pernikahan Nabi ï·º dgn Khadijah telah bersama selama 25 tahun.

مُبْتَدِئًا زَوَاجَهُ مِنْ أُمِّنَا # خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى بِأَيَّامِ صَفَرْ وَكَانَ هَذَا قَبْلَ وَحْيِ رَبِّنَا…

“Dimulai dgn pernikahan beliau dgn Sayyidah Khadijah al-Kubra di hari-hari bulan Safar, dan pernikahan itu berlangsung sebelum datang wahyu dari Allah (sebelum masa kenabian).”

Selain itu, pernikahan Sayyidah Aisyah, putri Nabi Muhammad ï·º dgn Ali bin Abi Thalib juga terjadi di bulan Safar..

2. Perang Al-Abwa

Peristiwa perang Al-Abwa ini terjadi pada tahun 12 Hijriah pada bulan Safar yg merupakan perang pertama dalam Islam. Saat itu Rasulullah ï·º hijrah dari Makkah ke Madinah untuk memerangi kaum Quraisy. Namun, umat Islam belum mampu memenangkan peperangan.

وَغَزْوَةُ الْأَبْوَاءِ فِيْهِ صَدَرَتْ

“Perang Abwa di bulan Safar yg terjadi di permulaan.”

3. Mulai Hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah

Peristiwa hijrah Rasulullah ï·º tersebut terjadi pada malam tanggal 27 Safar dan sampai di Yastrib (Madinah) pada tanggal 12 Rabiul awal.

وَهِجْرَةُ الرَّسُوْلِ فِيْمَا ذَكَرُوا # بِآخِرِ الْأَيَّامِ فِي غَارِ الْحَجَرْ

Hijrahnya Rasulullah pada akhir bulan Safar di goa al-Hajar sebagaimana para ulama sebutkan.”

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang3 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yg Terjadi di Bulan Safar . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.