Membahas tentang5 Amalan Pelebur Dosa Menurut Islam

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Amalan Pelebur Dosa Menurut Islam,

Sebagai umat Islam, dalam melakukan sesuatu yg berhubungan dgn agama hendaknya mempertimbangkannya sebaik mungkin. Karena bila sedikit saja salah dalam bertindak, ancamannya ialah neraka.

Tetapi hakikatnya, semua manusia tetap tak luput dari kesalahan dan dosa. Oleh sebab itu, dgn rasa kasih dan sayg serta sifat pengampun yg dimiliki Allah SWT mau memberikan solusi bagi mereka yg telah terjerat dalam dosa tersebut.

Untuk membersihkan dosa yg ada pada diri seseorang, ada beberapa amalan yg dapat dilakukan. Berikut 5 amalan pelebur dosa menurut Islam:

1. Salat Tobat
Setiap orang yg melakukan kesalahan, dan mau mengubah hidupnya menjadi lebih baik, hendaklah melakukan salat tobat terlebih dahulu. Salat ini harus dilakukan dgn perasaan yg tulus dan berjanji untuk tak mau mengulanginya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Ali Imran ayat 135, yg berbunyi:

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Dan (juga) orang-orang yg apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yg dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.”

2. Berbuat Baik
Setelah melakukan salat tobat, lalu berupayalah untuk selalu berbuat baik. Karena berbuat baik ialah salah satu cara untuk dapat menghapus dosa. Hal itu sesuai dgn hadis riwayat Ahmad dan Al-Tirmidzi, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

Artinya: “Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada. Iringilah perbuatan dosa dgn amal kebaikan, sebab kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaullah dgn orang lain dgn akhlak yg baik.”

3. Puasa Ramadhan
Ramadhan merupakan bulan yg istimewa dalam Islam. Dalam bulan ini, Allah SWT memerintahkan umat Muslim untuk melakukan puasa. Karena puasa Ramadhan ialah perbuatan yg baik, maka dgn berpuasa Ramadhan dapat menghapus dosa.

Ibadah puasa yg dilakukan pun dapat menghapus dosa yg pernah diperbuat dulu. Dalam hadis riwayat Bukhari, Nabi Muhammad ï·º bersabda:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Barang siapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yg telah lalu mau diampuni. (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, kita juga dapat melaksanakan puasa sunah. Sebab, puasa sunah juga termasuk perbuatan yg baik.

4. Salat Lima Waktu
Selanjutnya salat lima waktu yg merupakan kewajiban bagi umat muslim. Nabi Muhammad ï·º bersabda dalam hadis riwayat Muslim:

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

Artinya: Antara salat yg lima waktu, antara Jumat yg satu dan Jumat berikutnya, antara Ramadhan yg satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut mau diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.

Hadis di atas menyebutkan bahwa salat lima waktu yg dilakukan pada hari Jumat dan pada bulan Ramadhan dapat menghapus dosa. Tapi tak menghalangi juga bagi salat lima waktu di hari-hari lainnya.

5. Zikir
Amalan terakhir ialah zikir. Ada dua kalimat zikir yg mudah diucapkan di lisan, namun mau berat di timbangan pahala seseorang. Yaitu kalimat سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ØŒ سُبْحَانَ اللَّه الْعَظِيمِ (Subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil 'azhiim). Yang artinya: “Maha Suci Allah Yang Maha Agung”.

Terkait kalimat zikir tersebut, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Artinya: “Dua kalimat yg ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil ‘azhiim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain, Rasulullah ï·º juga bersabda: “Barang siapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi 100 kali dalam sehari, maka ia mau diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Amalan Pelebur Dosa Menurut Islam . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.