Membahas tentang5 Hadis untuk Orang Sakit dan Kematian 

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Hadis untuk Orang Sakit dan Kematian ,

Oase.id – Semua manusia hakikatnya pernah mengalami sakit. Halnya dalam kematian, orang sakit atau sehat pun mau mati. Orang kuat mati, guru, murid, mahasiswa, dosen, tentara, polisi, semua makhluk mau mati. Artinya, bahwa sakit dan kematian merupakan takdir yg telah ditetapkan Allah Swt.

Menjawab hal tersebut, Oase.id merangkum hadis-hadis yg berkaitan tentang orang sakit dan kematian supaya menjadi pengingat dan penenang yg saat ini tengah cemas sebab angka Covid-19 melonjak.

Berikut, 5 hadis tentang sakit dan kematian

1. Sunah menenangkan orang sakit
Diriwayatkan dalam kitab Sunan at-Tirmidzi dan Sunan Ibnu Majah, Abu Sa’id Al-Khudry, ia berkata, bahwa Rasullah ï·º bersabda: 

“Jika kalian menjenguk orang yg sedang sakit, maka hiburlah dia tentang ajalnya, sebab hal itu tak mencegah sesuatu pun, kan tetapi dapat menenangkannya.”

2. Pujian kepada orang sakit tentang kebaikan amalnya
Diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dari al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar Radiyallaahu anhu (RA) bahwa Aisyah Radiyallaahu anha (RA) sedang menderita sakit. Lalu Ibnu Abbas menjenguknya dan berkata:

“Engkau telah mendahului segalanya, dalam kejujuran bersama Rasulullah ï·º dan Abu Bakar.” 

Halnya, juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Ibnu Abi Malikah, Ibnu Abbas meminta izin kepada Aisyah sebelum kematiannya. Akan tetapi, Aisyah mengatakan: “aku takut dia mau mengujiku dgn dikatakan putra paman Rasulullah di antara para muslimin.” 

Lalu Aisyah berkata lagi: “Izinkan dia masuk!”
Ibnu Abbas bertanya: “Bagaimana keadaanmu?”
Lalu dia menjawab: “Baik bila aku bertakwa kepada Allah.”
Ibnu Abbas berkata: “Maka keadaanmu baik, Insya Allah, sebab Engkau ialah istri Rasulullah, yg beliau tak menikahi perawan selain engkau dan pembelaan kepadamu turun langsung dari langit.”

3. Anjuran menawarkan makanan kepada orang sakit
Diriwayatkan dalam kitab Sunan Ibnu Majah dan Sunan Ibnu Majah, dari Aqbah bin Amir Radiyallaahu anhu (RA), ia berkata, Rasulullah ï·º bersabda:

“Janganlah engkau memaksa orang yg sedang sakit pada makanan dan minuman, sesungguhnya Allah Swt memberi makan dan minum.”

4. Permohonan doa bagi penjenguk dan orang sakit
Diriwayatkan dalam kitab Sunan Ibnu Majah dan kitab Sunan Ibnu Sunni dgn sanad yg shahih dari Maimun bin Mahram, dari Umar bin Khathab Radiyallaahu anhu (RA), ia berkata, Rasulullah ï·º bersabda: 

“Jika engkau sedang menjenguk orang yg sedang sakit, maka mintalah doa kepadanya, sebab doanya seperti doanya para malaikat.”

5. Anjuran mengingatkan orang yg telah sembuh dari sakit
Diriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni dari Khawwat bin Zubair Khathab Radiyallaahu anhu (RA), ia berkata:
“Aku telah sakit dan dijenguk oleh Rasulullah, beliau bersabda: ‘Badanmu telah sehat Khawwat.’’ 
Aku katakan kepada beliau: ‘Dan tubuhmu juga telah sehat wahai Rasulullah.’ Kemudian beliau bersabda: ‘Maka tunaikanlah janjimu kepada Allah.’
Aku menjawab: ‘Aku tak berjanji sesuatu pun.’ 
Beliau bersabda: “Tidak, sesungguhnya tak ada seorang pun dari hamba Allah, kecuali Allah Swt. mau memberikan kebaikan baginya. Oleh sebab itu, tunaikanlah janji-janjimu itu kepada Allah Swt.”

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Hadis untuk Orang Sakit dan Kematian  . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.