Membahas tentang5 Ibadah ini Setara Pahalanya dgn Haji dan Umroh

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang5 Ibadah ini Setara Pahalanya dgn Haji dan Umroh,

Oase.id – Bulan Dzulhijjah menjadi bulan penting untuk umat Islam melaksanakan rukun Islam yg kelima yaitu, pergi Haji. Namun, tak semua umat muslim memiliki kesempatan untuk berangkat ke tanah suci. Ditambah saat ini, keberangkatan tertunda sebab adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Tak perlu khawatir, ternyata ada lho ibadah yg pahalanya setara dgn menjalankan ibadah Haji dan Umroh ke tanah suci. Oase.id merangkum dari beberapa sumber, berikut ibadah yg dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala setara dgn Haji dan Umroh:

1. Salat fardhu berjamaah

Dari Abu Umamah R.A, Nabi ï·º bersabda, “Siapa yg berjalan menuju salat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yg berjalan menuju salat sunah maka ia seperti melakukan umroh yg Sunah,” (HR. Thabrani dalam Al-Mi’jam Al-Kabir).

2. Melaksanakan salat Dhuha

Melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid, berdzikir hingga matahari benar benar terbit dan melanjutkannya dgn salat dhuha, maka pahala berhaji baginya. Seperti yg dijelaskan Hadis Abu Umamah R.A, Rasulullah ï·º bersabda, “Barangsiapa yg mengerjakan salat subuh dgn berjamaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan salat sunah dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yg berhaji atau berumroh secara sempurna,” (HR Thabrani).

3. Umroh di bulan Ramadhan

Dari Ibnu ‘Abbas R.A., ia berkata Rasulullah pernah bertanya pada seorang wanita, “Apa alasanmu sehingga tak ikut berhaji bersama kami?”. Wanita itu menjawab “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya yg ditunggangi suami dan anaknya. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yg bertugas membawakan air pada unta tersebut.” Kemudian Rasulullah bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu sebab umroh Ramadhan senilai dgn haji,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Namun, menurut Imam Nawawi menjelaskan bahwa Yang dimaksud ialah umroh Ramadhan mendapat pahala seperti pahala haji. Namun bukan berarti umrah Ramadhan sama dgn haji secara keseluruhan.

4. Berbakti kepada orang tua

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

إِنِّي أَشْتَهِي الْجِهَادَ وَلا أَقْدِرُ عَلَيْهِ، قَالَ: هَلْ بَقِيَ مِنْ وَالِدَيْكَ أَحَدٌ ؟ قَالَ : أُمِّي، قَالَ: فَأَبْلِ اللَّهَ فِي بِرِّهَا، فَإِذَا فَعَلْتَ ذَلِكَ فَأَنْتَ حَاجٌّ، وَمُعْتَمِرٌ، وَمُجَاهِدٌ، فَإِذَا رَضِيَتْ عَنْكَ أُمُّكَ فَاتَّقِ اللَّهَ وَبِرَّهَا

“Ada seseorang yg mendatangi Rasulullah ï·º dan ia sangat mau pergi berjihad namun tak mampu. Rasulullah ï·º bertanya padanya apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup. Ia jawab, ibunya masih hidup. Rasul pun berkata padanya, 'Bertakwalah pada Allah dgn berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya ialah seperti berhaji, berumroh dan berjihad'.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Ausath 5/234/4463 dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman 6/179/7835).

5. Menuntut ilmu

Dengan menuntut ilmu atau menghadiri majelis ilmu, amalannya setara dgn ibadah Haji. Dan bila tujuannya supaya ilmunya bermanfaat dan bekal ilmu di dunia dan akhirat. Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yg berangkat ke masjid yg ia maukan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia mau mendapatkan pahala Haji yg sempurna Hajinya.” (HR. Ath-Thabrani)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang5 Ibadah ini Setara Pahalanya dgn Haji dan Umroh . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.