Membahas tentang6 Rukun Haji yg Wajib Kita Tahu

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang6 Rukun Haji yg Wajib Kita Tahu,

Naik haji ialah salah satu momen yg istimewa di bulan Dzulhijjah ini. Sedangkan haji merupakan rukun Islam yg terakhir. Banyak sekali umat muslim yg mendambakannya. Namun tak semua umat muslim dapat melakukannya. Karenanya, rukun Islam yg kelima ini diwajibkan bagi yg mampu. Mampu secara materi maupun fisik.

Dalam melaksanakan haji, tentu harus tahu dulu tentang rukun haji. Dalam pembahasan ini, Oase.id mau memaparkan rukun haji yg harus diketahui umat Islam. Mulai dari Ihram hingga tertib.

1. Ihram
Sebelum melakukan haji, diwajibkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Niat itu dilakukan di Miqat. Setelah itu, dilanjutkan dgn salat sunah dua rakaat. Kemudian mengenakan pakaian ihram.

Adapun pakaian ihram yg digunakan yaitu: untuk laki-laki berupa dua helai kain ihram. Satu kain disarungkan dan satunya lagi diselendangkan. Sedangkan untuk perempuan harus memakai pakaian yg menutup seluruh tubuh, kecuali muka dan kedua tangan (pergelangan tangan sampai ujung jari).

2. Wukuf di Arafah
Wukuf artinya berhenti atau berdiam diri. Sedangkan Arafah ialah nama sebuah gunung yg ada di Mekkah. Jadi, wukuf di Arafah ialah berhenti atau berdiam diri di padang Arafah. Waktu pelaksanaannya dimulai dari zuhur sekitar pukul 12 siang tanggal 9 hingga subuh tanggal 10 Dzulhijjah. Selama pelaksanaan wukuf tak diwajibkan dalam keadaan suci dari hadas besar maupun kecil. Maka dari itu, bagi perempuan yg sedang haid atau nifas tetap boleh melakukan wukuf.

3. Tawaf
Tawaf ialah mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali dgn posisi Ka’bah berada di sebelah kiri. Kegiatan ini dimulai dari Hajar Aswad hingga berakhir di Hajar Aswad lagi. Tawaf ini dilakukan setelah melempar jumrah aqabah pada 10 Zulhijjah.

4. Sa'i
Sai ialah berlari-lari kecil atau berjalan dari bukit Shafa ke bukit Marwah. Hal ini dilakukan sebanyak tujuh kali setelah tawaf. Adapun syarat-syarat melakukan sa`i antara lain:

  • Didahului dgn melakukan tawaf ifadah.
  • Dilakukan di tempat sai sampai tujuh kali.
  • Awal sai dimulai dari bukit Shafa dan berakhir di bukit Marwah
  • Tertib.

5. Tahallul
Tahallul diartikan sebagai mencukur rambut kepala setelah para jamaah melaksanakan sa’i. Untuk kaum laki-laki disunahkan mencukur habis rambut kepalanya. Sedangkan perempuan hanya ujung rambutnya saja.

6. Tertib 
Rukun yg terakhir ialah tertib dalam pelaksanaannya. Yaitu, harus sesuai urutan dan tak boleh ada yg tertinggal.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang6 Rukun Haji yg Wajib Kita Tahu . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.