Membahas tentangAmalan yg Dianjurkan Nabi saat Malam Jumat

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangAmalan yg Dianjurkan Nabi saat Malam Jumat,

 Jumat ialah hari yg sangat istimewa bagi umat Islam. Termasuk juga untuk malam Jumatnya. Banyak kegiatan peribadahan seperti pengajian, tadarus, istighasah dan sebagainya yg berkaitan dgn memuji kebesaran Allah swt.

Ada beberapa amalan yg diperintahkan oleh Rasulullah ï·º untuk umatnya pada malam Jumat. Berikut 4 di antaranya:

1. Membaca Surah Yasin
Begitu banyak keutamaan yg didapat saat membaca surat Yasin, terlebih lagi pada malam Jumat. Jika membaca surat Yasin pada malam Jumat, dapat membersihkan pembacanya dari dosa-dosa ketika pagi tiba. Rasulullah pernah bersabda:

وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه Ùˆ سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  Ø±ÙˆØ§Ù‡ الأصبهاني

Artinya: “Barang siapa membaca Yaasiin di hari dan malam Jumat dgn mengharap ridha Allah, diampuni dosanya.” (HR. Asbahaani)

2. Membaca Surat Al-Kahfi
Amalan kedua yg dianjurkan oleh Rasulullah pada malam Jumat ialah membaca surat Al-Kahfi. Surat ini menceritakan tentang kisah umat terdahulu yg begitu berbakti dan dapat dijadikan teladan yg baik.

Rasulullah ï·º bersabda: “Barang siapa yg membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia mau disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. ad-Darimi)

3. Membaca Selawat dan Zikir
Selain membaca surat Yasin dan Al-Kahfi, amalan yg dianjurkan pada malam Jumat ialah membaca selawat dan zikir. Sebagai umat yg baik, senantiasa lah mengingat Allah dan Rasul-Nya supaya kelak di hari kiamat diberi syafaat.

Rasulullah ï·º bersabda: “Perbanyaklah untuk membaca selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena selawat umatku mau diperlihatkan kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yg paling banyak berselawat kepadaku, dialah yg paling dekat dgnku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

4. Memperbanyak Doa
Amalan terakhir ialah berdoa. Pada malam Jumat perbanyaklah berdoa kepada Allah. Doa merupakan sebuah bentuk kepatuhan manusia kepada Sang Pencipta. Karena fitrah seorang makhluk harus tunduk kepada-Nya. Apalagi, Rasulullah ï·º pernah berkata kalau ada waktu di hari Jumat yg apabila seorang hamba memohon, maka pasti mau dikabulkan oleh Allah.

Sebagaimana sabda Rasulullah ï·º: “Di hari Jumat terdapat suatu waktu yg taklah seorang hamba muslim yg dia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dgn waktu tersebut, melainkan Allah mau memberi apa yg dia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangAmalan yg Dianjurkan Nabi saat Malam Jumat . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.