Membahas tentangBukti Mengingat Allah SWT, Inilah 3 Keistimewaan Berdzikir!

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangBukti Mengingat Allah SWT, Inilah 3 Keistimewaan Berdzikir!,

Oase.id – Berdzikir merupakan ibadah yg paling mudah dan dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Berdzikir juga menjadi bentuk bukti bahwa kita sebagai umat Muslim selalu ingat kepada Allah SWT, baik dalam bentuk lisan maupun perbuatan. Dalam Al-Quran, Allah SWT selalu mengingatkan kepada hambanya untuk selalu berdzikir. Q.S. as-Ahzab ayat 41-42. Allah berfirman;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

Artinya; Hai orang-orang yg beriman, berdzikirlah kepada Allah, zikir yg banyak ,dan sucikanlah dia pagi dan petang.

Banyak keistimewaan bagi umat Muslim yg senantiasa berdzikir kepada Allah SWT. Berikut Oase.id merangkum 3 keistimewaan berdzikir yg wajib diketahui;

1. Menjadi pandai bersyukur

Dengan rajin berdzikir kepada Allah SWT menjadi bukti bahwa sebagai hamba-Nya, kita senantiasa bersyukur terhadap apa yg telah diberikan. Abu Hurairah RA mengatakan ia mendengar doa rasulullah ï·º, yaitu:
“Ya Allah, jadikanlah diriku orang yg banyak bersyukur kepada-Mu, dan orang yg paling mengikuti nasihat-Mu, dan orang yg paling banyak berzikir menyebut nama-Mu, dan orang yg paling memelihara wasiat-Mu”.

2. Dijanbilan surga

Berdzikir memiliki ganjaran yg luar biasa, salah satunya mau dijanbilan surga oleh Allah SWT. Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yg mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

Adapun dzikir yg dimaksud ialah (dibaca 1 kali) :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

“Ya Allah, Engkau ialah Rabbku, tak ada ilah yg berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yg menciptakanku. Aku ialah hamba-Mu. Aku mau setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin mau janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yg kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh sebab itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yg mengampuni dosa kecuali Engkau.”

3. Mendapatkan kebaikan berlipat

Dengan berdzikir baginya 10 kebaikan dan dihapuskan 10 kesalahannya, diibaratkan pahalanya seperti memerdekakan 10 budak. Sebagaimana diriwayatkan oleh An-Nasa’I dari hadis Abu Ayyub Al-Abshari RA, Rasulullah ï·º mengatakan bahwa bila seseorang membaca dzikir berikut ini, maka orang itu mau mendapatkan kebaikan yg telah disebutkan :

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

“Tidak ada Tuhan yg berhak disembah selain Allah semata, tak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yg berkuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca 10 kali)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangBukti Mengingat Allah SWT, Inilah 3 Keistimewaan Berdzikir! . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.