Membahas tentangCara Tetap Aktif Secara Fisik Selama Isolasi Mandiri Covid-19, Yuk Coba!

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangCara Tetap Aktif Secara Fisik Selama Isolasi Mandiri Covid-19, Yuk Coba!,

Oase.id – Aktivitas fisik berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental saat di rumah selama pandemi Covid-19. Terutama bagi pasien Covid-19 yg sedang menjalani karantina mandiri atau isolasi mandiri. Aktivitas fisik mau membantu pemulihan lebih cepat dan tubuh menjadi lebih sehat.

Dilansir euro.who.int, perilaku menetap (duduk terus-menerus) dan tingkat aktivitas fisik yg rendah dapat memiliki efek negatif pada kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup individu. Selama isolasi mandiri mungkin dapat menyebabkan stres bertambah dan menurunkan kualitas kesehatan mental.

Pakar Nutrisi dan Aktivitas Fisik WHO, Lea Nash Castro, mengimbau supaya kita tetap aktif dan melakukan relaksasi walaupun dalam ruangan. Hal ini dapat menjadi alat yg berharga untuk membantu tubuh tetap tenang dan terus melindungi kesehatan selama isolasi mandiri.

WHO merekomendasikan 150 menit menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas kuat per minggu untuk orang dewasa, atau kombinasi keduanya. Namun, aktivitas fisik ini hanya direkomendasikan untuk pasien tanpa gejala.

Berikut merangkum beberapa tips supaya tetap aktif dan mengurangi perilaku sedentary (duduk terus-menerus) selama melaksanakan isolasi mandiri di rumah :

1. Mengikuti kelas latihan online

Saat isolasi mandiri, manfaatkan fasilitas kelas olahraga online. Banyak dari kelas olahraga gratis yg dapat ditemukan di YouTube. Pilihlah kelas yg sesuai dgn kemampuan dan pengalaman berolahraga, seperti melakukan latihan full body workout untuk pemula atau gerakan plank, squats, dan lain–lain.

2. Berjalan

Walaupun di ruang kecil, berjalan-jalan atau berjalan di tempat, dapat membantu kamu tetap aktif. Hal ini juga dapat dilakukan saat menerima telepon, bicaralah sambil berdiri atau berjalan keliling rumah untuk menghindari duduk terus menerus.

3. Berdiri

Kurangi waktu duduk dgn berdiri bila memungkinkan. Idealnya, usahakan untuk menyela waktu duduk dan berbaring setiap 30 menit. Siapkan meja tinggi atau rak untuk menyusun buku bacaan dan bacaan lain, supaya tubuh terus melakukan aktivitasnya sambil berdiri.

4. Bersantai

Meditasi dan napas dalam-dalam dapat membantu tubuh tetap tenang. Sama dgn kelas online, carilah teknik meditasi yg mudah untuk pemula di Internet. Misalnya,yoga.

Agar kesehatan optimal, penting juga untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan tetap terhidrasi. Selalu mengonsumsi air putih dan mengurangi minuman manis. Pastikan banyak buah dan sayuran, dan batasi asupan garam, gula, dan lemak.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangCara Tetap Aktif Secara Fisik Selama Isolasi Mandiri Covid-19, Yuk Coba! . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.