Membahas tentangHadis-hadis Keutamaan Berkurban

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangHadis-hadis Keutamaan Berkurban,

Oase.id- Zulhijah tak hanya dikenal sebagai bulan haji, melainkan juga ibadah kurban. 

Tak cuma sarat dgn semangat berbagi, ibadah yg Allah Swt perintahkan kepada Nabi Ibrahim As ini juga menyimpan beragam keutamaan.

Terdapat beberapa hadis yg menjelaskan keutamaan berkurban, di antaranya;

Ibadah yg paling dicintai Allah pada hari Raya Iduladha

Allah Swt amat menyukai ibadah kurban. Di hari kiamat kelak, anggota badan hewan yg dikurbankan mau jadi saksi kebaikan.

Dari Aisyah Ra, Nabi Saw bersabda; 

“Tidak ada amalan yg dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yg lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah (berkurban). Sesungguhnya pada hari kiamat ia mau datang dgn tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut mau sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dgnnya.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Hadis di atas dinilai lemah (dhaif) sebab dalam sanadnya ada Abi Al-Mutsanna atau Sulaiman bin Yazid Al-Audi yg dikenal sebagai dhaiful hadits (sering meriwayatkan hadis-hadis dhaif).

Meskipun begitu, dalam Al-Musthalahat Al-Haditsiyah disebutkan, hadis yg diriwayatkan perawi ini boleh ditulis  untuk i’tibar (ditinjau ulang untuk mengetahui apakah ada perawi lainnya yg meriwayatkan hadis tersebut).

Akan tetapi Imam As-Suyuthi dalam Al-Jami’ Ash-shagir menilai hadis ini hasan.

Tetesan darahnya diganjar ampunan

Imam Al-Baihaqi meriwayatkan dalam Sunan Al-Kubra;

“Wahai Fatimah berdirilah menuju hewan kurbanmu dan saksikanlah ia. Karena sesungguhnya pada tetesan pertama yg mengalir dari darahnya, Allah Swt mau mengampuni semua dosa-dosamu yg terdahulu. Kemudian ucapkanlah ‘Inna shalaati wa nusuki wa mahyaaya wa mamaati lillahi rabbil ‘alamin (Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku untuk Allah tuhan semesta alam).” Sabda Rasulullah Muhammad Saw.

“Wahai Rasulullah, apakah itu khusus untuk ahlul bait saja atau untuk seluruh umat muslim?” tanya Fatimah.

“Itu umum, bagi kita dan seluruh umat muslim,” jawab Rasulullah Saw

Hadis ini juga dinilai dhaif sebab pada sanadnya ada Abi Hamzah as-Tsumali atau Tsabit bin Abi Shafiyah Al-Azdi yg dikenal sebagai dhaiful hadits.

Meskipun demikian, hadis-hadis yg dhaifnya tak parah masih boleh digunakan untuk fadhilah amal.

Baca juga: Jangan Lewatkan, Ini Keutamaan Puasa Zulhijah

 

Di setiap bulunya dinilai kebaikan

Para sahabat Rasulullah Saw bertanya, “Wahai Rasulullah, hewan-hewan kurban apa ini?”

“Ini merupakan sunnah (ajaran) bapak kalian, Ibrahim,” jawab Rasulullah Saw.

“Wahai Rasulullah, lantas apa yg mau kami dapatkan dgnnya?” mereka bertanya lagi.

“Setiap rambut terdapat kebaikan.”

“Bagaimana dgn bulu-bulunya wahai Rasulullah?” Mereka bertanya lagi.

“Dari setiap rambut pada bulu-bulunya terdapat suatu kebaikan.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Status hadis di atas juga dhaif  lantaran dalam sanadnya ada dua perawi yg bermasalah, yaitu Abi Daud atau Nafi bin Al-Harits Al-Hamdani yg dicurigai sebagai pemalsu hadis, dan Aidzillah Al-Mujasyi’i yg dinilai dhaiful hadis.

Dalam Al-Musthalahat Al-Haditsiyah dijelaskan, hadis yg diriwayatkan oleh perawi ini tak boleh dijadikan hujah maupun i’tibar.

Sekalipun mayoritas hadis tentang keutamaan kurban dhaif, bukan berarti amalan sunnah ini tak mengandung banyak pahala. Sebab kurban ialah ibadah yg sangat disukai Allah Swt, bahkan perintah kurban telah ada sejak masa Nabi Adam As dan Nabi Ibrahim AS.

 

Selama bermukim di Madinah, Rasulullah Saw tak pernah melewatkan ibadah ini di setiap tahunnya. Beliau juga berkurban untuk istri-istrinya. Dengan berkurban berarti kita menjalani tuntunan Nabi Muhammad Saw.

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Sunan Al-Kubra karya Al-Baihaqi, Sunan At-Tirmidzi, Sunan Ibnu Majah. Sunan Ahmad, serta Al-Musthalahat Al-Haditsiyah karya Sayyid Abdul Majid al-Ghauri.

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangHadis-hadis Keutamaan Berkurban . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.