Membahas tentangHal-Hal yg Bisa Menghambat Datangnya Rezeki

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangHal-Hal yg Bisa Menghambat Datangnya Rezeki,

Disadari atau tak, manusia seringkali luput dan mengeluh sebab mendapatkan rezeki yg tak sesuai ekspektasi. Padahal, dapat saja rezeki yg didapatnya itu tanpa disadari disebabkan perbuatannya sehingga mempersempit rezeki yg diberikan Allah SWT.

Hal ini tertuang dalam surah An-Nahl Ayat 114. Allah SWT berfirman:

“Maka makanlah yg halal lagi baik dari rezeki yg telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, bila kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.”(QS.An-Nahl: 114)

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam (SAW) bersabda:

“Tidak dapat menolak takdir kecuali berdoa. Dan tak dapat menambah usia, kecuali berbuat baik. Maka sesungguhnya orang laki-laki dapat terhalang rezekinya sebab dosa yg dikejarnya.”

Hadits tersebut menunjukkan bahwa melakukan dosa dapat menyebabkan terhambatnya rezeki, khususnya dosa akibat berdusta.

Tidur di waktu pagi dapat menyebabkan miskin harta dan miskin ilmu. Mengapa demikian?

Dalam kitab ta’lim muta’allim dijelaskan, bahwa bahagianya orang itu bila mengenakan pakaian. Adapun cara mengumpulkan ilmu ialah meninggalkan tidur.

Seorang penyair berkata, “Bukankah termasuk kerugian, bila malam-malam dibiarkan berlalu tanpa guna, padahal malam itu dihitung termasuk jatah umur.”

Selain di atas, hal yg dapat menghalangi datangnya rezeki ialah tidur dgn telanjang, kencing telanjang, makan dalam keadaan junub, tidur di atas lambung, membiarkan makanan yg terjatuh, membakar kulit bawang merah dan bawang putih, menyapu rumah dgn sapu tangan, menyapu rumah pada malam hari, membiarkan sampah di dalam rumah, berjalan di muka orang tua, memanggil orang tua dgn nama keduanya, membersihkan gigi dgn sembarang kayu, membersihkan tangan dgn debu, duduk di muka pintu, bersandar di daun pintu, berwudu di tempat beristirahat, menambal baju yg sedang dikenakan, membersihkan badan dgn baju, membiarkan sarang laba-laba di dalam rumah, dan meremehkan salat.

Sumber: Disarikan dalam keterangan dari Ta’lim Muta’allim karya Syekh Tajuddin Nu'man bin Ibrahim bin al-Khalil al-Zarnuji

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangHal-Hal yg Bisa Menghambat Datangnya Rezeki . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.