Membahas tentangIni Janji Allah untuk Orang yg Gemar Bersedekah

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangIni Janji Allah untuk Orang yg Gemar Bersedekah,

Sedekah ialah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah juga merupakan amalan yg sederhana. Meski demikian, sangat bermanfaat bagi orang yg menerima. Terlebih lagi bagi orang yg bersedekah.

Bersedekah disebut amalan yg sederhana sebab tak melulu soal harta benda, melainkan senyuman juga sedekah. Selain senyuman, masih banyak lagi yg disebut sedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah ï·º dalam hadis riwayat Tirmidzi, yg berbunyi:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ وَأَمْرُكَ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهْيُكَ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَإِرْشَادُكَ الرَّجُلَ فِي أَرْضِ الضَّلَالِ لَكَ صَدَقَةٌ وَبَصَرُكَ لِلرَّجُلِ الرَّدِيءِ الْبَصَرِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِمَاطَتُكَ الْحَجَرَ وَالشَّوْكَةَ وَالْعَظْمَ عَنْ الطَّرِيقِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِفْرَاغُكَ مِنْ دَلْوِكَ فِي دَلْوِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau berbuat ma'ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yg tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yg berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.”

Dalam hadis di atas memperlihatkan bahwa Islam ialah agama yg istimewa yg tak memberatkan dalam beribadah. Dalam konteks sedekah, Islam tak melulu berbicara soal harta. Namun, banyak cara yg dapat dilakukan supaya umat muslim dapat bersedekah.

Pada hakikatnya, sedekah harus dilakukan dgn ikhlas tanpa paksaan, dan semata untuk mengharap rida Allah—tak untuk mencari pujian dari sesama manusia. Allah SWT sangat memuliakan orang yg bersedekah. Dan Allah telah menjanbilan balasan bagi orang yg gemar bersedekah.

Berikut beberapa dalil pendukung yg menjelaskan tentang keutamaan sedekah:

1. Mendapat lindungan di hari akhir (kiamat)
Ada tujuh pihak yg diberi naungan oleh Allah, di mana pada saat itu tak ada naungan kecuali naungan-Nya. Salah satunya ialah seperti sabda Rasulullah ï·º:

رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

Artinya: “Seorang yg bersedekah dgn tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tak mengetahui apa yg disedekahkan oleh tangan kanannya.”

2. Mendapat keberkahan dari hartanya
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا

Artinya: “Harta tak mau berkurang dgn sedekah. Dan seorang hamba yg pemaaf pasti mau Allah tambahkan kewibawaan baginya.”

Maksud dari harta tak mau berkurang ialah hartanya diberkahi dan dijauhkan dari bahaya. Serta, bila dalam segi bentuk hartanya berkurang, tetapi tertutupi oleh pahala yg diberikan secara berlipat ganda.

3. Dosanya mau dihapuskan
Dalam salah satu hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah ï·º bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Artinya: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Tetapi hal ini tak serta merta dapat menghapus segala dosa tanpa orang tersebut melakukan tobat atas segala kesalahannya. 

4. Dilipatgandakan pahalanya
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hadid ayat 18 yg berbunyi:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yg bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yg baik, niscaya mau dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yg banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

5. Dibebaskan dari siksa kubur
Siksa kubur ialah hal pertama yg selalu ditakuti bila bercerita tentang kematian. Tapi sedekah mau menjadi obatnya bila orang tersebut bersedekah dgn hati yg ikhlas dan benar-benar sebab Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

إن الصدقة لتطفىء عن أهلها حر القبور

Artinya: “Sedekah mau memadamkan api siksaan di dalam kubur.”

Selain itu, dalam hadis yg diriwayatkan Imam Thabrani, Nabi Muhammad ï·º juga bersabda dgn menyebutkan bahwa sedekah juga dapat memanjangkan umur, dan mencegah dari kematian yg tak baik.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangIni Janji Allah untuk Orang yg Gemar Bersedekah . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.