Membahas tentangKeutamaan Bersedekah di Hari Jumat

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangKeutamaan Bersedekah di Hari Jumat,

Di dalam Al-Quran banyak sekali yg menjelaskan tentang anjuran bersedekah dan manfaat dari bersedekah. Hingga sedekah juga disebutkan merupakan salah satu amalan yg hendaknya dilakukan dgn ikhlas.

Hal ini dilakukan supaya setiap amalan yg disertai dgn hati yg ikhlas tak mau sia-sia. Karena bersedekah tak mau membuat seseorang menjadi miskin atau pun menjadi kekurangan. Seperti firman Allh swt dalam QS. Al-Baqarah ayat 261:

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menafkahkan hartanya di jalan Allah ialah serupa dgn sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yg Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Namun tahukah kita, ada satu hari yg memang memiliki keutamaan yg sangat dahsyat bila seseorang bersedekah pada hari tersebut. Yakni, pada hari Jumat ternyata ialah waktu yg penuh dgn berkah. Meskipun sebenarnya bersedekah pada selain hari Jumat juga termasuk amalan yg bagus, tetapi ada pengkhususan bila bersedekah pada hari Jumat. Hal ini juga disampaikan pada sebuah hadis bahwa:

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi ï·º bersabda, “Hari terbaik yg terbit padanya matahari ialah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam AS. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa di mana tak seorang pun berdoa kecuali Dia mau mengabulkan doa itu.” (HR. Muslim)

Oleh sebab itu, Nabi Muhammad ï·º memberikan teladan memperbanyak sedekah di hari Jumat dibandingkan hari yg lainnya. Selain bersedekah, beliau juga memperbanyak amalan-amalan lainnya.

Dari beberapa riwayat hadis, ternyata hari Jumat memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yg bersedekah. Tentunya, kesempatan ini sangat merugi bila dilalaikan.

Berikut manfaat bersedekah pada hari Jumat:

1. Lebih Besar Pahalanya

Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan;

وَلَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ وَلَمْ تَغْرُبْ مِنْ يَوْمٍ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ اْلُجُمُعَةِ وَالصَّدَقَةُ فِيْهِ أَعْظَمُ مِنْ سَائِرِ اْلاَيَّامِ.

Artinya: “Dan tak ada matahari yg terbit dan terbenam pada suatu hari yg lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya ketimbang semua hari lainnya.”

2. Seperti Sedekah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yg penuh dgn keberkahan. Pada bulan ini, banyak umat Islam yg berlomba-lomba melakukan kebaikan. Termasuk melakukan sedekah, sebab pahalanya mau berlipat-lipat.

Melakukan sedekah pada hari Jumat, sama halnya dgn bersedekah pada bulan Ramadhan. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

“Sesungguhnya shadaqah pada hari Jumat itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dgn hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan bila dibandingkan dgn seluruh bulan lainnya.”

3. Didoakan oleh Para Malaikat

Rasulullah ï·º bersabda dalam sebuah hadis yg diriwayatkan oleh Muttafaq Alaih dari Abu Hurairah RA: “Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yg menyedekahkan hartanya. Dan yg satu lagi berkata: Wahai, Tuhan! Musnahkanlah harta si bakhil.”

Sangat tegas hadis di atas menjelaskan tentang balasan bagi orang yg dermawan terhadap hartanya, serta orang yg pelit terhadap hartanya. Jadi, manfaatkanlah hari Jumat dgn sebaik-baiknya. Karena belum tentu hari esok mau mendapatkannya.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangKeutamaan Bersedekah di Hari Jumat . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.