Membahas tentangKhawatir Soal Jodoh, Baca Ayat Al-Quran Ini Beserta Doa Mendapatkannya

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangKhawatir Soal Jodoh, Baca Ayat Al-Quran Ini Beserta Doa Mendapatkannya,

Umat Islam percaya bahwa jodoh berada di tangan Allah SWT. Namun, tak sedikit orang merisaukan soal hadirnya pasangan dalam hidupnya. Tak sedikit yg khawatir soal siapa jodohnya, dan kapan waktunya.

Mengenai hal ini, tak ada salahnya kita tahu doa mendapatkan jodoh. Sebab selain berusaha, manusia juga dianjurkan untuk senantiasa berdoa memohon kepada Allah untuk mendapatkan jodoh. 

Tentang jodoh manusia, Allah telah mengaturnya sedemikian rupa. Adapun ayat Al-Quran tentang jodoh sebagaimana berikut ini:

1. Jodoh telah diatur oleh Allah

Surat Ar-Rum Ayat 21 merupakan salah satu ayat yg menjelaskan tentang jodoh manusia. Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah telah mengatur jodoh bagi setiap manusia. Tujuannya tak lain untuk mewujudkan ketenteraman dan ketenangan dalam hidup.

“Di antara tanda-tanda kebesaran Allah dia telah menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kalian cenderung serta merasa tenteram kepadanya. Allah menjadikan di antara kalian rasa kasih sayg. Sungguh dalam hal ini, terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yg mau berpikir. (QS. Ar-Rum: 21)

2. Setiap manusia memiliki jaminan atas jodohnya

Setiap manusia sebaiknya tak perlu mengkhawatirkan atas jodohnya. Pasalnya, jodoh manusia telah dijamin oleh Allah. Bahwasanya, Allah menjamin menciptakan segala sesuatu beserta pasangannya. Hal ini berdasarkan isi surat Az-Zariyat ayat 49, yg artinya: “Dan dari segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kalian mengingat kebesaran Allah.”

3. Jodoh ialah cerminan diri

Ayat selanjutnya tentang jodoh terdapat dalam surat An-Nur ayat 26. Dalam ayat ini disebutkan bahwa jodoh merupakan cerminan diri. Jadi, bila kita sebagai manusia mengharapkan jodoh yg baik dan beriman, maka sebaiknya perbaikilah diri terlebih dahulu supaya mendapatkan jodoh yg sesuai dgn harapan kita.

Adapun arti dari surat An-Nur ayat 26 itu ialah, “Wanita-wanita yg keji ialah untuk laki-laki yg keji, dan laki-laki yg keji ialah untuk wanita-wanita yg keji (pula), dan wanita-wanita yg baik ialah untuk laki-laki yg baik dan laki-laki yg baik ialah untuk wanita-wanita yg baik pula.”

4. Berbeda untuk saling mengenal

Manusia yg satu dgn lainnya derajatnya sama. Yang membedakan hanyalah derajat ketakwaannya. Bukan suatu masalah mengenai perbedaan suku dan bangsa. Dengan perbedaan tersebut, Allah justru memerintahkan kita untuk saling mengenal satu sama lain.

Sebagaimana yg tertuang dalam QS. Al-Hujurat ayat 13, yg artinya: “Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.”

5. Ayat Al Quran untuk minta jodoh

Allah telah mengatur jodoh manusia, maka berusahalah dan berdoa kepada-Nya supaya segera dipertemukan. Dalam QS. Al-furqan ayat 74 berikut ini sekaligus menjadi doa memohon jodoh kepada Allah SWT.

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”
 

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangKhawatir Soal Jodoh, Baca Ayat Al-Quran Ini Beserta Doa Mendapatkannya . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.