Membahas tentangMenuju HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Ini 4 Lomba Agustusan Ciri Khas Berbagai Daerah

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangMenuju HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Ini 4 Lomba Agustusan Ciri Khas Berbagai Daerah,

Oase.id- Peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdakaan Republik Indonesia (RI) kali ini mau cukup berbeda dgn tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, masyarakat Indonesia tengah menghadapi wabah persebaran virus korona (Covid-19) yg mengharuskan setiap orang menjaga jarak dan kebersihan.  

HUT Kemerdekaan yg lazimnya dimeriahkan dgn lomba-lomba mungkin mau diisi dan diperingati dgn format yg berbeda. Akan tetapi, sekadar mengenang dan mengingat kemeriahan 17-an di setiap tahunnya, berikut ialah tradisi khas di berbagai daerah kala menyambut hari kemerdekaan;

Pacuan kuda gayo, Aceh

Untuk merayakan HUT kemerdekaan RI,  biasanya masyarakat Aceh Tengah mengadakan lomba pacuan kuda. Acara ini merupakan tradisi masyarakat tanah Gayo yg meliputi daerah Aceh tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Tradisi pacuan kuda ini telah ada sebelum masa penjajahan Belanda dan terus dilaksanakan sebagai tradisi. Saat ini, pacuan kuda hanya dilaksanakan untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Lari obor, Semarang

Daerah Semarang, Jawa Tengah memiliki tradisi lomba lari obor. Kebiasaan yg unik ini berasal dari tradisi masyarakat di kecamatan Gajah Mungkur. 

Lomba lari obor ini merupakan gambarkan pada masa perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan. Lari obor dilaksanakan dalam sebuah grup berisi lima orang, dan tak memiliki batas umur dalam mengikuti lomba tersebut.

 

Telok abang, Palembang

Warga Palembang, Sumatera Selatan memiliki lomba unik menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia. Masyarakat setempat menamakan lomba ini sebagai Telok Abang. Dalam bahasa Palembang Telok artinya telur, dan abang artinya merah.

Sesuai dgn namanya, kegiatan ini merupakan lomba untuk menghias wadah telur merah. Masyarakat setempat mau berlomba untuk membuat wadah telur yg paling kreatif menyerupai mobil, kapal, pesawat dan lain-lain.

Dayung perahu naga, Banjarmasin

Kalimantan merupakan pulau yg dialiri banyak sungai besar yg kemudian mempengaruhi tradisi di daerah tersebut. Salah satu lomba yg wajib ada saat hari kemerdekaan yaitu lomba dayung perahu naga.

Selain penilaian mendayung pada lomba tersebut, perahu yg digunakan untuk mengikuti lomba pun harus memiliki desain kepala naga yg indah di ujung depan perahu.
 

(SBH)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangMenuju HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Ini 4 Lomba Agustusan Ciri Khas Berbagai Daerah . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.