Membahas tentangPekerja Esensial dan Kritikal, Lakukan ini untuk Melindungi Diri saat Menggunmau Transportasi Publik

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangPekerja Esensial dan Kritikal, Lakukan ini untuk Melindungi Diri saat Menggunmau Transportasi Publik,

Oase.id – Saat ini pemerintah menetapkan bahwa hanya pekerja esensial dan kritikal saja yg diizinkan bekerja di kantor. Pekerja ini dituntut untuk terus memberikan layanan selama pandemi. Namun, sekarang sektor inilah yg berisiko tinggi terpapar Covid-19, sebab pekerjaan mereka yg menuntut untuk bepergian yg justru meningkatkan peluang untuk menyebarkan atau terpapar Covid-19.

Untuk mencegah terpapar covid-19 saat sedang menggunakan transportasi terutama transportasi publik, Oase.id merangkum beberapa kiat berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention CDC yg dapat membantu mengurangi paparan virus :

1. Menggunakan masker

Imbauan menggunakan masker saat keluar rumah, terus menerus diinformasikan supaya terhindar dari paparan covid-19. Saat menggunakan transportasi publik saat ini, penumpang diwajibkan menggunakan masker ganda. Kenakan masker yg menutupi hidung dan mulut saat di tempat umum atau dalam kendaraan umum. Kategori orang berikut ini dikecualikan dari kewajiban memakai masker :

  • Anak di bawah usia 2 tahun
  • Penyandang disabilitas yg tak dapat memakai masker, atau tak dapat memakai masker dgn aman, sebab alasan terkait disabilitasnya.
  • Seseorang yg mengenakan masker mau menimbulkan risiko terhadap kesehatan, keselamatan.

Masker yg digunakan juga membantu melindungi orang-orang di sekitar Anda, bila tubuh terinfeksi tanpa menunjukan gejala.

2. Menjaga jarak fisik

Selama perjalanan, hindari keramaian dan menjauh setaknya dua meter dari kerumunan. Semisalnya saat menunggu bus datang atau memilih tempat duduk saat di kereta.

3. Mempraktikkan kebersihan tangan dan etika batuk/bersin

Sebelum menggunakan alat transportasi apapun, cuci tangan dgn sabun dan air selama minimal 20 detik atau gunakan pembersih tangan dgn alkohol minimal 60%. Begitupun ketika sampai di tempat tujuan. Hindari menyentuh mata, hidung, mulut dgn tangan yg belum dicuci. Tutup mulut dan hidung dgn tisu saat batuk atau bersin. Buang tisu bekas ke tempat sampah dan segera cuci tangan.

4. Hindari makan atau minum di angkutan umum

Menahan diri dari makan atau minum di angkutan umum untuk memastikan penggunaan masker setiap saat. Jika Anda mau makan atau minum setelah keluar dari transportasi umum, pastikan untuk mencari jarak setaknya 2 meter dari orang lain. Mencari informasi tentang cara memakai dan melepas masker dgn aman sebelum makan.

5. Memiliki perbekalan yg memadai

  • Sebelum bepergian, siapkan tisu pembersih dan pembersih tangan dgn setaknya 60% alkohol (bila tak dapat mencuci tangan di tempat tujuan).
  • Bawalah masker tambahan bila masker Anda basah atau kotor.
  • kantong plastik yg dapat disegel untuk menyimpan masker basah atau kotor.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangPekerja Esensial dan Kritikal, Lakukan ini untuk Melindungi Diri saat Menggunmau Transportasi Publik . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.