Membahas tentangRaih Keberkahan di Bulan Safar dgn Menjalankan 5 Amalan Ini

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangRaih Keberkahan di Bulan Safar dgn Menjalankan 5 Amalan Ini,

Sebagian orang meyakini bulan Safar sebagai bulan kesialan. Dianggap bulan yg penuh dgn keburukan. Sehingga, segala aktivitas harus dihindari. Namun, sebenarnya pandangan demikian tak benar adanya.

Justru, pada bulan kedua di tahun hijriah ini kita umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa. Sebaiknya tak menyia-nyiakannya.

Oleh sebabnya, untuk meraih berkah dari Allah SWT, hendaklah meningkatkan kualitas amal diri masing-masing. Untuk itu, baiknya kita juga mengetahui apa saja amalan yg dapat dilakukan pada bulan Safar ini.

Berikut, 5 amalan yg dapat dilakukan pada bulan Safar:

1. Perbanyak Doa

Berdoa ialah salah satu amalan yg tak henti-hentinya diingatkan oleh Allah SWT. Doa yg dapat dipanjatkan untuk menyambut bulan Safar terdapat dalam firman Allah QS. Al-Maidah ayat 114:

قَا لَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللّٰهُمَّ رَبَّنَاۤ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ السَّمَآءِ تَكُوْنُ لَـنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰ خِرِنَا وَاٰ يَةً مِّنْكَ ۚ وَا رْزُقْنَا وَاَ نْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yg hari turunnya) mau menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yg sekarang bersama kami ataupun yg datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

2. Puasa Senin Kamis

Pada tahun 2021 ini, awal bulan Safar jatuh di hari Rabu (8/9). Sehingga pada hari Kamisnya dapat langsung dilaksanakan puasa sunah. Puasa ini biasa disebut puasa sunah Senin dan Kamis. 

Walaupun hanya sunah, nyatanya Nabi Muhammad ï·º sangat menganjurkan amalan yg satu ini. Hal ini disebabkan, pada hari Senin dan Kamis, Allah mau menerima laporan amal manusia.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka bila amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

3. Puasa Ayyamul Bidh

Amalan puasa lain yg dapat ditingkatkan di bulan Safar ialah puasa tiga hari pada pertengahan bulan. Puasa ini dikenal sebagai ayyamul bidh. 

Seperti anjuran Nabi Muhammad ï·º, puasa ayyamul bidh harus selalu dirutinkan setiap bulannya. Puasa ayyamul bidh disebut juga dgn puasa hari-hari putih.

Anjuran untuk berpuasa hari-hari putih tersebut dijelaskan langsung oleh Rasulullah ï·º:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ . وَقَالَ هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ

Artinya: “Rasulullah ï·º biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriah). Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud)

4. Perbanyak Baca Al-Quran

Selanjutnya amalan yg harus senantiasa ditingkatkan ialah membaca Al-Quran. Al-Quran mempunyai keutamaan, yakni dapat memberi syafaat pada pembacanya di hari kiamat nanti.

Dari sahabat Abu Umamah Al-Bahili RA, “Saya mendengar Rasulullah ï·º bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

Artinya: “Bacalah oleh kalian Al-Quran. Karena ia mau datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yg rajin membacanya.” (HR Muslim)

5. Sedekah

Terakhir ialah bersedekah. Selain amalan yg disebutkan di atas, yg dapat dilakukan selama bulan Safar ialah bersedekah. Dengan bersedekah, rezeki yg diberikan Allah SWT mau terus mengalir. Bahkan, rezeki itu dapat berlipat ganda. 

Pahala yg diberikan juga sangat mulia, sebab Allah SWT sangat menyukai orang yg gemar bersedekah. Sebagaimana firman-Nya:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَا لْمُصَّدِّقٰتِ وَاَ قْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yg bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dgn pinjaman yg baik, mau dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka mau mendapat pahala yg mulia.” (QS. Al-Hadid: Ayat 18)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangRaih Keberkahan di Bulan Safar dgn Menjalankan 5 Amalan Ini . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.