Membahas tentangRenovasi Selesai, Masjid Istiqlal Siap Digunmau Saat Iduladha

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentangRenovasi Selesai, Masjid Istiqlal Siap Digunmau Saat Iduladha,

Oase.id- Renovasi Masjid Istiqlal yg dimulai pada Mei 2019 telah selesai dan siap diresmikan. Masjid Istiqlal telah dapat digunakan saat Iduladha.

“Renovasi Masjid Istiqlal telah 100 persen dan telah dilakukan provisional handover (PHO). Masjid Istiqlal dapat digunakan saat Iduladha. Akan saya laporkan ke Presiden untuk menunggu waktu beliau meresmikan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, melansir Medcom.id, Kamis, 23 Juli 2020.

Basuki mengatakan renovasi Masjid Istiqlal untuk pertama kalinya sejak 42 tahun lalu ini berjalan baik, utamanya pada pekerjaan lansekap dan pencahayaan.

“Di dalam masjid ada tanaman Lee Kuan Yew yg telah menjuntai panjang, beberapa waktu lalu juga telah dicek Bapak Presiden, lighting juga telah kita coba tadi,” ungkap Basuki.

Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage dgn anggaran sebesar Rp475 miliar.

Pekerjaan penataan kawasan meliputi pengembalian aksis Monas dan perapihan zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tepi/tanggul sungai, penambahan gedung parkir lapis 2 (basement), perbaikan kantin, dan penambahan area PKL.

Pekerjaan arsitektur mencakup pekerjaan fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet, dan kamar mandi.

Pekerjaan interior di antaranya ialah interior ruang salat utama, area VIP dan perkantoran pengurus masjid.

Pekerjaan MEP di antaranya ialah perbaikan sistem MEP keseluruhan bangunan, instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior. Pekerjaan signage meliputi pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior.

Di samping pekerjaan di atas, untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan covid-19 mau dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL).

(FER)

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentangRenovasi Selesai, Masjid Istiqlal Siap Digunmau Saat Iduladha . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.