Membahas tentang Bolehkah Niat Puasa Rajab Digabung dgn Qadha Puasa Ramadhan?

Puasa Rajab merupakan salah satu puasa yg sunnah dilakukan sebagaimana bulan-bulan mulia lainnya (Muharram, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah). Meski tak ada hadits shahih yg secara khusus menjelaskan keutamaan puasa Rajab, namun kesunnahan puasa Rajab telah tercakup dalam dalil anjuran berpuasa secara umum dan anjuran umum berpuasa di bulan-bulan mulia.

 

Persoalan muncul ketika sebagian orang masih memiliki tanggungan utang puasa Ramadhan, apakah boleh baginya menggabungkan niat puasa Rajab dgn qadha’ puasa Ramadhan?

 

Puasa Rajab sebagaimana puasa sunnah lainnya sah dilakukan dgn niat berpuasa secara mutlak, tak disyaratkan ta’yin (menentukan jenis puasanya). Misalkan dgn niat “Saya niat berpuasa sebab Allah”, tak harus ditambahkan “sebab melakukan kesunnahan puasa Rajab”.

 

Sementara puasa qadha’ Ramadhan tergolong puasa wajib yg wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dgn niat “Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu sebab Allah”.

 

Menggabungkan niat puasa Rajab dgn puasa qadha’ Ramadhan hukumnya diperbolehkan (sah) dan pahala keduanya dapat didapatkan. Bahkan menurut Syekh al-Barizi, meski hanya niat mengqadha’ puasa Ramadhan, secara otomatis pahala berpuasa Rajab dapat didapatkan.

 

Kesimpulan di atas didasarkan atas keterangan dalam kitab Fathul Mu’in beserta hasyiyahnya, I’anatuth Thalibin sebagai berikut:
وبالتعيين فيه النفل أيضا فيصح ولو مؤقتا بنية مطلقة كما اعتمده غير واحد 
(وقوله ولو مؤقتا) غاية في صحة الصوم في النفل بنية مطلقة أي لا فرق في ذلك بين أن يكون مؤقتا كصوم الاثنين والخميس وعرفة وعاشوراء وأيام البيض أو لا كأن يكون ذا سبب كصوم الاستسقاء بغير أمر الإمام أو نفلا مطلقا  
(قوله بنية مطلقة ) متعلق بيصح فيكفي في نية صوم يوم عرفة مثلا أن يقول نويت الصوم  ( قوله كما اعتمده غير واحد) أي اعتمد صحة صوم النفل المؤقت بنية مطلقة  وفي الكردي ما نصه في الأسنى ونحوه الخطيب الشربيني والجمال الرملي الصوم في الأيام المتأكد صومها منصرف إليها بل لو نوى به غيرها حصلت إلخ زاد في الإيعاب ومن ثم أفتى البارزي بأنه لو صام فيه قضاء أو نحوه حصلا نواه معه أو لا  وذكر غيره أن مثل ذلك ما لو اتفق في يوم راتبان كعرفة ويوم الخميس  انتهى
“Dan dikecualikan dgn pensyaratan ta’yin (menentukan jenis puasa) dalam puasa fardlu, yaitu puasa sunnah, maka sah berpuasa sunnah dgn niat puasa mutlak, meski puasa sunnah yg memiliki jangka waktu sebagaimana pendapat yg dipegang oleh lebih dari satu ulama. 

 

“Ucapan Syekh Zainuddin, meski puasa sunnah yg memiliki jangka waktu, ini ialah ghayah (puncak) keabsahan puasa sunnah dgn niat puasa mutlak, maksudnya tak ada perbedaan dalam keabsahan tersebut antara puasa sunnah yg berjangka waktu seperti puasa Senin-Kamis, Arafah, Asyura’ dan hari-hari tanggal purnama. Atau selain puasa sunnah yg berjangka waktu, seperti puasa yg memiliki sebab, sebagaimana puasa istisqa’ dgn tanpa perintah imam, atau puasa sunnah mutlak”.

 

“Ucapan Syekh Zainuddin, dgn niat puasa mutlak, maka cukup dalam niat puasa Arafah dgn niat semisal, saya niat berpuasa.”

 

“Ucapan Syekh Zainuddin, sebagaimana pendapat yg dipegang oleh lebih dari satu ulama, maksudnya lebih dari satu ulamaberpegangan dalam keabsahan puasa sunnah dgn niat puasa mutlak. Dalam kitabnya Syekh al-Kurdi disebutkan, dalam kitab al-Asna demikian pula Syekh Khatib al-Sayarbini dan Syekh al-Jamal al-Ramli, berpuasa di hari-hari yg dianjurkan buat berpuasa secara otomatis tertuju pada hari-hari tersebut, bahkan apabila seseorang berniat puasa beserta niat puasa lainnya, maka pahala keduanya berhasil didapatkan. Dalam kitab al-I’ab ditambahkan, dari kesimpulan tersebut, Syekh al-Barizi berfatwa bahwa apabila seseorang berpuasa qadha (Ramadhan) atau lainnya di hari-hari yg dianjurkan berpuasa, maka pahala keduanya dapat didapat, baik disertai niat berpuasa sunnah atau tidak. Ulama lain menyebutkan, demikian pula apabila berketepatan bagi seseorang dalam satu hari dua puasa rutin, seperti puasa hari Arafah dan puasa hari Kamis. (Syekh Zainuddin al-Malibari dan Syekh Abu Bakr bin Syatha, Fathul Mu’in dan Hasyiyah I’anatuth Thalibin, Surabaya, al-Haramain, tanpa tahun, juz 2, halaman 224).

 

Demikian penjelasan berkaitan dgn hukum menggabungkan niat puasa Rajab dan qadha Ramadhan. Semoga bermanfaat dan dipahami dgn baik. Wallahu a’lam.  (M. Mubasysyarum Bih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.