Membahas tentang Puasa Rajab, Inilah enam Keistimewaannya!

Pada kesempatan ini kami mau mengulas tentang Membahas tentang Puasa Rajab, Inilah enam Keistimewaannya!,

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yg diagungkan oleh Allah SWT dalam kalender hijriah. Banyak keistimewaan yg dapat kita dapat apabila menjalankan beberapa amalan selama bulan ini. Salah satunya dgn menjalankan puasa Rajab.

Keistimewaan bulan Rajab tercantum dalam QS. At-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yg lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yg empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yg bertakwa.

Dalam tafsir Al-Muyassar, empat bulan haram ini ialah bulan Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharam, dan Rajab. Bulan Rajab tahun 2022 jatuh pada hari kamis, 3 Februari 2022.

Keputusan ini ditetapkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Hasil keputusan ini didasarkan pada laporan rukyat yg tak melihat hilal pada hari Selasa, 29 Jumadil Akhir 1443H / 1 Februari 2022 M.

Pada bulan mulia ini umat Islam disunahkan melakukan amalan-amalan seperti zikir dan puasa. Nah, kali ini mau membahas soal keistimewaan puasa di bulan Rajab.

6 keistimewaan puasa Rajab

1. Puasa satu hari setara puasa sebulan

Umat muslim yg melaksanakan puasa satu hari di bulan Rajab, maka, itu setara dgn berpuasa selama satu bulan.

Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah ﷺ yg berbunyi: “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan. Bila puasa 7 hari maka ditutuplah buatnya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan buatnya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah mau mengabulkan semua permintaannya.” (HR. At-Thabrani)

2. Puasa pada tanggal 27 Rajab setara Puasa 60 bulan

Rasulullah ﷺ bersabda: “Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yg puasa selama 60 bulan.” (Abu Hurairah)

3. Puasa 7 hari menutup pintu neraka

Jika berpuasa selama 7 hari pada bulan Rajab, mau tertutup pintu neraka baginya.

4. Puasa 8 hari membuka pintu surga

Jika berpuasa selama 8 hari pada bulan Rajab, mau terbuka 8 pintu surga buatnya.

5. Puasa 10 hari menghapus dosa

Jika berpuasa selama 10 hari pada bulan Rajab, mau menghapus dosa-dosanya dan diganti dgn kebaikan.

6. Puasa satu hari dapat air susu dari sungai Rajab

Jika berpuasa sehari pada bulan Rajab, mau mendapatkan air susu yg berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu.

Seperti sabda Rasulullah ﷺ: “Sesungguhnya di surga terdapat sungai yg dinamakan Rajab, airnya lebih putih ketimbang susu dan rasanya lebih manis dari madu.”

Inilah beberapa keistimewaan yg mau didapat bila melaksanakan puasa di Bulan Rajab. Jadi, tertarik buat puasa di bulan Rajab?

Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta'alaa

Akan tetapi bila lupa membaca niat puasa pada malam hari, maka boleh membacanya pada siang hari, selama masih terhindar dari hal-hal yg membatalkan puasa sejak subuh.

Niat puasa Rajab pada siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an ada'i sunnati Rajaba lillahi ta'ala.

Demikianlah ulasan mengenai Membahas tentang Puasa Rajab, Inilah enam Keistimewaannya! . apabila ada pertanyaan dapat dgn menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

terima kasih





Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.